4 Bumbu Rahasia Kelezatan Hidangan Sate Khas Indonesia

Wed, 04 Oct 2017 10:00
462
4 Bumbu Rahasia Kelezatan Hidangan Sate Khas Indonesia

SETIAP daerah di Indonesia memiliki sate khas yang punya kelezatan sendiri. Selain penggunaan daging dan bumbu, sate ala Nusantara ini juga disajikan dengan berbagai pilihan bumbu saat disajikan.

 

Bumbu sate yang paling terkenal memang bumbu kacang dan bumbu kecap, padahal jika ditelisik lagi, sate punya bumbu yang beragam dengan keunggulan rasa masing-masing. Okezone merangkum 4 bumbu sate populer yang sering ditemui ketika makan sate.

 

Bumbu kacang

Bumbu kacang sering disandingkan dengan sate ayam khas Madura. Racikannya cukup sederhana yakni bawang putih, bawang merah, kacang tanah goreng, kemiri dan garam. Semua bahan dicampur dan dihaluskan bersama-sama kemudian diberi air hingga konsistensinya kental sedikit cair. Selain bumbu kacang ini, sate ayam madura juga ditambahkan sedikit kucuran kecap manis dan perasan jeruk limo untuk memperkaya rasanya.

 

Bumbu kecap

Jenis sate yang akrab disandingkan dengan bumbu kecap adalah sate kambing ataupun sate sapi. Sate kambing khas Madura dan sate Tegal atau sate sapi asal Purwakarta yang dikenal sebagai sate maranggi adalah deretan sate yang lezat tersaji dengan bumbu kecap. Campuran bumbu kecap ini sangat simpel karena hanya terdiri dari irisan bawang merah, cabai rawit dan tomat. Semua bumbu iris ini kemudian disiram dengan kecap manis.

 

Bumbu padang

Bumbu sate padang ini bisa dibilang eksklusif karena tidak ada sate lain yang disajikan dengan bumbu seperti ini. Ciri utama bumbu sate padang adalah sausnya yang berwarna kuning oranye bertekstur kental. Bahan yang membuat teksturnya kental adalah tepung beras yang dicampur dengan air kaldu sapi. Bumbu campuranya antara lain kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jintan putih, bubuk kari dan garam. Bumbu sate ini disajikan sebagai siraman bersama sate yang baru saja dibakar. Sate padang terasa lezat jika disantap saat masih hangat karena ketika dingin, bumbunya akan menggumpal menjadi lebih kental.

 

Sambal matah

Sate lilit Bali memang sudah diolah bersama campuran bumbu sebelum dilekatkan ke tusukan dan dibakar. Tapi untuk menambah sensasi rasanya yang lebih sempurna, sate lilit kadang disajikan dengan sambal matah. Sambal matah khas Bali memang punya sensasi rasa yang sempurna, racikan bawang merah iris, cabai iris dan sedikit serai iris ini disiram dengan minyak kelapa buatan sendiri.

 

Sumber : Okezone

Bumbu kacang
Bumbu kecap
Bumbu padang
Sambal matah

Latest Review

Review of Delta Air

Posted by Konsultan K.
on 24 Oct 2017
Wilayah Bisnis Tour & Travel
Dekat sekali dengan wilayah bisnis tour & travel...

Top Reviewer

Most Reviewed