Bedah Menoreh Yogyakarta, Jalur 40 Destinasi Wisata Baru yang Disiapkan Jelang Hadirnya Bandara NYIA

Tue, 07 Nov 2017 10:00
696
Bedah Menoreh Yogyakarta, Jalur 40 Destinasi Wisata Baru yang Disiapkan Jelang Hadirnya Bandara NYIA

PEMERINTAH Daerah Kulon Progo pastikan New Yogyakarta International Airport (NYIA) siap beroperasi pada 2018 mendatang. Bandara ini rencananya akan menggantikan peran Bandara Adisutjipto di Yogyakarta, sebagai area kedatangan para wisatawan nusantara maupun mancanegara.

 

Pembangunan bandara NYIA sendiri telah dilakukan sejak Agustus lalu, dan proses ground breaking-nya sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada awal 2017. Pada saat itu, Presiden Jokowi menargetkan kepada PT. Angkasa Pura I bahwa bandara NYIA harus beroperasi pada 2019 mendatang.

 

Berdasarkan pernyataan Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H Sutedjo, saat ini pihaknya sedang melakukan proses land clearing. Pembebasan lahan ini memang sempat mendapatkan protes dari warga setempat, karena pada saat itu biaya ganti rugi tidak sesuai dengan harapan mereka.

 

“Sempat ditolak warga, tapi karena biaya ganti ruginya sudah disesuaikan, kini sudah mulai banyak yang mendukung. Memang sebelumnya ada dinamika dan protes, namun sekarang sudah berjalan dengan baik,” tutur Sutedjo, dalam acara Press Tour bersama Kementerian Pariwisata RI, di Kantor Pemda Kulon Progo, D.I Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

 

Sutedjo menambahkan, hingga saat ini biaya pembebasan lahan telah menghabiskan sekitar Rp4 triliun. Biaya tersebut langsung dibayarkan pihak AP I selaku pemenang lelang. 

 

“Harganya memang tidak sama. Masing-masing warga tentunya memiliki luas lahan yang berbeda. Tapi yang kemarin semula hanya dibayarkan sekitar Rp150 ribu – Rp200 ribu, sekarang sudah jadi Rp800 ribu – Rp900 ribu per meter,” tegasnya.

 

Bandara NYIA rencananya akan dilengkapi jalur kereta api yang menghubungan beberapa tempat, seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Magelang. Tak hanya itu, ada juga jalan tol sehingga akses ke beberapa tempat lebih cepat.

 

Namun, ada satu program yang akan menjadi daya tarik para wisatawan. Pemda Kulon Progo telah menyediakan 40 destinasi baru, dan pembuatan jalur ‘Bedah Menoreh’ sepanjang 60 km. Ini merupakan akses tercepat menuju salah satu 10 Destinasi Pariwisata yakni, Candi Borobudur.

 

Sumber: Okezone

Bedah Menoreh Yogyakarta, Jalur 40 Destinasi Wisata Baru yang Disiapkan Jelang Hadirnya Bandara NYIA_thumbnail

Latest Review

Review of De Wasz Laundry

Posted by ram n.
on 08 Nov 2018
Worst Work Done in Here
Just Worst and Disgusting.They only waste our time and make our baju more dirty.And they d...

Top Reviewer

Last reviewed Radisson Medan
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...