Gran Melia Jakarta Hadirkan Festival Hidangan Korea Arahan Sook-Ja Yoon

Fri, 19 Sep 2014 10:00
970
Gran Melia Jakarta Hadirkan Festival Hidangan Korea Arahan Sook-Ja Yoon

Gran Melia Jakarta bekerja sama dengan Korea Agro-Fisheris & Food Trade Corporation menyelenggarakan promosi makanan Korea “The Captivating Korean Dishes” di Cafe Gran Via mulai dari tanggal 12 – 24 September 2014. Di sini, Café Gran Via akan menampilkan aneka masakan tradisional Korea yang berbahan dasar khas Korea, dengan cara memasak dan penyajian secara tradisional, serta pertunjukan kesenian tradisional Korea, berupa tari-tarian yang berasal dari jaman kerajaan Korea.

Budaya Korea yang masuk ke Indonesia saat ini,  memberikan banyak referensi, baik dari musik, film, tarian, hingga sajian khas Korea. Dengan menawarkan rasa yang lekat dengan lidah Asia maka masakan Korea lebih cepat beradaptasi sekaligus digemari oleh orang Indonesia. Dengan keanekaragaman makanan Korea ini, Gran Melia Jakarta menawarkan pilihan hidangan khas tradisional Korea dengan rasa otentik, yang disajikan oleh Chef Nooh Youn Seung dari Korea.

Pada hari Senin, 15 September 2014 berlangsung acara pembukaan “The Captivating Korean Dishes”   yang dibuka oleh General Manager Gran Melia Jakarta, Mr. Jim Boyles dan Ambassador of The Republic of Korea: HE. Mr. Cho Tai Young. Hadir pula di dalam acara ini Sook-Ja Yoon, President of Institute of Traditional Korean Food dan Deok-Nyeo Kim, Director of Institute of Traditional Korean Food, serta 2 orang Chef yang akan mendampingi mereka yaitu Chef Hee-sook Kim dan Chef Young-woo Jung yang juga berasal dari Institute of Traditional Korean Food.

Sook-Ja Yoon mendapatkan gelar Master dalam bidang Food and Nutrition di  Sookmyung Women's University dan menyandang gelar doctoral Ph.D di Food and Nutrition of Dankook University. Pengalamannya yang luas dalam bidang makanan Korea telah membawanya menjadi Profesor dari Departement of Traditional Cuisine Baewha Women’s College, sebuah perguruan tinggi (universitas) yang terletak di kawasan Jongno, Seoul, South Korea. Universitas ini setiap tahunnya menerima sekitar 1.350 murid baru yang semuanya khusus untuk perempuan.

Sook-Ja Yoon mengawali karirnya dalam bidang pendidikan, penelitian dan penyebarluasan informasi tentang masakan tradisional, khas dari Korea. Saat ini, selain memegang beberapa jabatan penting dan sibuk menjadi tenaga pengajar, sambil terus berkarya dalam membuat banyak buku tentang masakan tradisional Korea, Sook-Ja Yoon juga terus aktif melakukan penelitian dan menemukan kembali banyak resep tradisional Korea yang telah hilang atau dilupakan. Sook-Ja Yoon adalah orang yang sangat berpengaruh dan terkemuka di bidang Seni Kuliner Korea (Korean Culinary Art). Karena kepeduliannya yang sangat tinggi dalam bidang masakan tradisional Korea, maka dia mendedikasikan dirinya untuk mendidik karyawan yang bekerja di restoran Korea di kota-kota besar dunia diantaranya London, Paris, New York, Los Angeles, Tokyo, Auckland dan Jakarta.

Sebagai Ketua Umum Traditional Korean Food Committee dan Ketua Umum Committee for Traditional Korean Food Masters, Sook-Ja Yoon melengkapi prestasinya dengan hasil karyanya berupa buku yang tak kurang dari 50 judul, diantaranya The Beauty of Korean Food; Traditional Korean Food; The Store and Fermentation Food of Korea; Good Morning Kimchi; Korean Foods in Season; Korean Traditional Desserts: Ricecakes, cookies and beverages dan masih banyak lagi.

Menu yang akan diajarkan oleh Sook-Ja Yoon dan Deok-nyeo Kim diantaranya adalah Basic of Korean Cuisine: Menus with Three Colour Sauce.
- Rice: Bibimbap with grilled rib meet seasoned with concoted chili paste
- Noodle: vegetable & noodle woth mild hot green chili
- Fruit: fruit salad seasoned with peanut sauce

Tidak hanya makanan populer khas Korea saja, hidangan yang biasa disajikan di dalam kerajaan Korea pun dihadirkan pada “The Captivating of Korean Dishes” promosi di Cafe Gran Via ini. Untuk citarasa yang unik, Milk Porridge adalah salah satu pilihannya. Milk Porridge atau dalam bahasa Korea lebih dikenal dengan Tarakjuk merupakan campuran dari nasi dan susu.

Lalu terdapat juga Parboiled Sliced Fish Fillet atau dalam bahasa Korea dikenal dengan nama Eochae merupakan hidangan yang sering disajikan pada jaman kerajaan di Korea. Bahan yang digunakan untuk membuat Eochae antara lain ikan, timun, paprika, jamur dan chili paste sauce. Cara penyajian Eochae sangat menarik karena menampilkan bahan yang berwarna-warni dan diatur sedemikian rupa dalam piring sehingga menawarkan suatu hidangan yang menggugah selera.

Plate of Nine Delicacies atau Guejeolpan, terdiri dari 9 hidangan berbeda yang diletakkan dalam satu wadah kayu. Guejeolpan ini diyakini dapat membawa keberuntungan dan pada masa kerajaan Korea kuno, hidangan ini disajikan khusus hanya untuk Raja.

Tidak ketinggalan sajian Heukmija Jook atau yang dikenal dengan Black Sesame Porridge. Hidangan ini biasanya disajikan saat cuaca dingin atau untuk sarapan pagi. Black Sesame Porridge merupakan hidangan yang paling banyak digemari, karena cara pembuatannya yang mudah, tetapi juga karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya sangat bernutrisi tinggi sehingga bagus untuk anak-anak atau pun untuk pengobatan.

Untuk hidangan penutup, para tamu dapat menikmati Carameled Sesame, adalah kue Korea yang terbuat dari wijen kering dan dicampur dengan sirup. lalu tersedia Apple Ball yang terbuat dari jenis Apel Hongok atau Yangkwang. Jenis apel tersebut dipanen pada musim gugur untuk mendapatkan rasa apel yang manis dan sesuai untuk disajikan sebagai makanan penutup.

Gran Melia Jakarta Hadirkan Festival Hidangan Korea Arahan Sook-Ja Yoon

Gran Melia Jakarta Hadirkan Festival Hidangan Korea Arahan Sook-Ja Yoon

Gran Melia Jakarta Hadirkan Festival Hidangan Korea Arahan Sook-Ja Yoon

Gran Melia Jakarta Hadirkan Festival Hidangan Korea Arahan Sook-Ja Yoon

Gran Melia Jakarta Hadirkan Festival Hidangan Korea Arahan Sook-Ja Yoon

Kimchi Stew, Kimchi Chigae
Bibimbap
Japchae
Hwarang Buchaechum
Opening Ceremony

Last Update

Latest Review

Review of Wilda Watch

Posted by iin p.
on 15 Feb 2021
langganan saya dari dulu
sebagai pemilik akun love indonesia, saya mau mereview toko ini. wah toko ini sih legenda ...