Oksigen Pulau Giliyang Madura Jadi Incaran Wisatawan Dunia

Wed, 06 Dec 2017 10:00
390
Oksigen Pulau Giliyang Madura Jadi Incaran Wisatawan Dunia

SUMENEP memang belum menjadi destinasi wisata primadona kalangan traveler lokal. Uniknya, justru di kalangan turis mencanegara, kabupaten yang terletak di Pulau Madura ini sudah menjadi incaran.

 

Kunjungan wisatawan manca negara ke wilayah berjuluk soul of Madura itu meningkat signifikan setiap tahun. Sepanjang 2017 sebanyak 12 kapal pesiar internasional cruise singgah di sana.

 

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiayanto, mengatakan, Sumenep menyimpan kekayaan alam berlimpah, khususnya laut yang sangat indah.

 

"Pulau Giliyang adalah ikonnya. Makanya kami gencar mempromosikan destinasi wisata bahari yang ada di kabupaten Sumenep," kata Sufiayanto saat ditemui Okezone di acara Launching Visit and Calender of Event Sumenep 2018 di Gedung Sapta Pesona Kementeria Pariwisata.

 

Lebih lanjut ia menyebutkan lima destinasi wisata bahari yang menjadi unggulan di kabulaten Sumenep, yaitu:

 

Pulau Giliyang

Pulau Giliyang disebut juga pulau Oksigen. Disebut demikian karena memiliki kandungan oksigen tertinggi tingkat dunia, yakni mencapai 21,5 % dan kandungan CO2 paling rendah.

 

Banyak penduduk di pulau Giliyang hingga kini berusia panjang di atas 100 tahun dan hidup sehat di sana. Di Pulau Giliyang kamu bisa menghirup udara terbaik yang ada di dunia. Untuk menuju Pulau ini, hanya butuh perjalanan 40 menit menggunakan kapal motor dari Pelabuhan Tungke.

 

Pantai Gili Labak

Salah satu pulau di Sumenep yang memiliki pasir putih. Gili Labek juga terdapat spot diving yang sangat indah. Di sana kamu bisa melihat karang-karang unik, seperti karang noko dan masih banyak lagi. Dari Pelabuhan Tanjung hanya butuh waktu sekutar satu jam untum menikmati keindahan Pantai Gili Labek.

 

Gili Genting

Gili Genting atau pantai sembilan. Keunikan pantai ini sama seperti jukukannya, ya pantai ini berbentuk seperti angka 9. Di sana pengunjung bisa main dan mandi di pantai. Taman lautnya indah dan kini sedang di bangun spot diving. Menuju pantai in hanya 39 menit dari kota Madura.

 

Pantai Lombang

Pantai ini panjangnya 12 kilometer. Veiw terbaik di pantai Lombang adalah pemandangan pohon cemara udang dimana-mana. Ombaknya tenang, sehingga aman untuk bermain bersama keluarga.

 

Kasur pasir

Lokasinya berada di ujung Pulau Garam, satu arah menuju ke pulau Giliyang. Di desa itu semua rumah memiliki kasur pasir, biasanya terletak di teras atau kamar. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat tidur di pasir. Kebiasaan itu merupakan warisan nenek moyang yang dijaga hingga kini.

 

Soul of Madura

Sumenep tak hanya menawarkan keindahan baharinya. Keragaman budaya kabupaten berjuluk soul of Madura ini juga menjadi daya tarik lain yang tak boleh dilewatkan.

 

Pemerintah setempat pada 2018 mendatang telah mempersiapkan 36 event unggulan yang akan digelar dalam setahun penuh. Di antaranya berupa festival budaya, religi, sejarah, olahraga, serta festival kesehatan yang dijadikan sebagai tema dan menjadi salah satu ikon pariwisata Sumenep.

 

Bupati Sumenep Busyro Karim memaparkan, 36 event yang akan dihelat selama 2018 itu berskala lokal, nasional, regional hingga internasional.

 

"Kami mempunyai event unggulan tingkat nasional, antara lain Gathering Media dan Pelaku Usaha Pariwisata se-Indonesia, Festival Santri se-Indonesia, Kontes Kucing Internasional, Gebyar Mancing Internasional, Festival Keraton, dan Mansyarakat Adat se-ASEAN V yang akan dihadiri dari keraton se-nusantara dan ASEAN," kata Busyro Karim.

 

Tahun ini pemerintah menargetkan kunjungan 15.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan 1,1 juta wisatawan nusantara (wisnus) pada 2018. Dengan tema 'Interesting and Healthy' tourism perintah pusat dan daerah telah menyusun Kalender Event Visit Sumenep 2018.

 

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Sumenep, Sufianto, menjelaskan, tema 'Iteresting and Healthy' diambil karena ingin menonjolkan potensi pariwisata Sumenep yang sangat beragam.

 

Yakni wisata alam, wisata religi, wisata budaya, wisata sejarah, wisata buatan, wisata minat khusus, geo wisata, dan wisata kuliner serta wisata kesehatan dengan menjadikan pulau Giliyang sebagai ikon.

 

Bagi Anda yang berencana ingin berkunjung ke Sumenep tahun depan, jangan lewatkan event-event menarik di sana. Berikut ini kalender event wisata Sumenep yang tak boleh dilewatkan.

 

Pada bulan Januari-Maret ada Sumenep Mengukir, Batik on the Sean Kontes Kucing Internasional. Selanjutnya sejak April hingga Juli ada event Pelaku Usaha Pariwisata se-Indonesia, Pemeran Lukisan, Kujuaraan Catur, Gebyar Mancing Internasional, serta pekan Tilawatil Quran.

 

Dari bulan Agustus hingga September akan ada Jalan santai 5000 enggrang, Festival Topeng Dalang Sumenep, Jamasan Kirap Pusaka Keraton Sumenep, hingga festival Kreasi Pemuda se-Indonesia.

 

Berikutnya, mulai Oktover hingga akhir tahun ada Festival Santri, Sumenep Expo, Sumenep Spektakuler, dan Royal Dinner dan Pembukaan Festival Masyarakat Keraton Adat se-ASEAN V.

 

Sumber: Okezone

(Foto Instagram @mymoyi)
Oksigen Pulau Giliyang Madura Jadi Incaran Wisatawan Dunia_1
Oksigen Pulau Giliyang Madura Jadi Incaran Wisatawan Dunia_1

Latest Review

Review of Delta Air

Posted by Konsultan K.
on 24 Oct 2017
Wilayah Bisnis Tour & Travel
Dekat sekali dengan wilayah bisnis tour & travel...

Top Reviewer

Most Reviewed