Saat Kondangan Pernikahan Ini 10 Makanan Paling Diburu, Sate Ayam Nomor 1

Tue, 12 Sep 2017 10:00
726
Saat Kondangan Pernikahan Ini 10 Makanan Paling Diburu, Sate Ayam Nomor 1

RESEPSI pernikahan rasanya tak lengkap tanpa kehadiran hidangan lezat. Selain menu utama, biasanya pesta pernikahan juga diisi dengan aneka hidangan tambahan di tempat terpisah dari makanan utama atau biasa disebut dengan istilah gubukan.

Dari hasil survei yang dilakukan LITBANG KORAN SINDO diketahui jika Sate Ayam menjadi makanan paling diburu. Lalu makanan apalagi yang diminati para undangan?

1. Sate Ayam (25%)

Salah satu masakan khas Indonesia ini menjadi menu hidangan paling dicari para tamu undangan, baik sate ayam, sate padang maupun sate kambing. Antrean di gubukan sate biasanya paling mengular dibanding dengan jenis hidangan lain. Tak heran jika hidangan ini seringkali cepat habis.

2. Bakso (15%)

Menu selanjutnya yang tak kalah banyak penggemarnya adalah bakso. Bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Tak heran jika menu yang biasa dijajakan di pinggir jalan ini masuk dalam daftar hidangan di acara pesta pernikahan. Menu hidangan ini biasa disajikan terpisah dari menu prasmanan.

3. Siomay (14%)

Anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai makanan ini. Tak heran jika antreannya pun cukup panjang saat ada acara pernikahan. Menu ini disajikan terpisah dengan makanan utama. Sajian siomay biasanya disertai dengan item lain, seperti kentang, pare serta kubis.

4. Kambing guling (9%)

Meski tidak semua orang suka dengan daging kambing tapi kambing guling biasa menjadi menu favorit acara pernikahan. Biasanya kambing guling disajikan dalam bentuk sate atau irisan tipis sehingga memudahkan untuk memakannya. Menu kambing guling juga biasanya diletakan terpisah dari meja prasmanan atau memakai foodstall sendiri.

5. Aneka pasta (spagheti, lasagna) (5%)

Menu gubukan andalan yang sudah pasti diserbu tamutamu undangan adalah aneka pasta. Makanan khas Italia ini memang menarik perhatian tamu-tamu dengan saus variatif seperti oglio olio, carbonara, bolognaise, dan tentu tak ketinggalan lasagna. Karena menjadi favorit, tak heran jika pengusaha catering memasukan aneka pasta ke dalam menu andalan.

6. Pempek (5%)

Makanan khas Palembang ini dikenal luas oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kuah atau cuka pempek yang pedas membuat menu ini memiliki penggemar fanatik. Pempek yang biasa disajikan adalah pempek kapal selam dan pempek lenjer.

7. Aneka soup (4%)

Salah satu menu yang identik dengan menu hidangan di pesta pernikahan di Indonesia adalah aneka soup. Soup lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan masih hangat sehingga menu ini selalu dilengkapi dengan kompor mini.

8. Es krim (3%)

Berbagai macam menu makanan yang tersaji belum lengkap jika tidak menyajikan menu pencuci mulut seperti es krim. Menu ini selalu diburu oleh para tamu terutama mereka yang membawa anak kecil. Tak hanya menjadi favorit anak-anak, tamu undangan yang sudah dewasa pun mengincar menu ini. Es krim yang disajikan biasanya terdiri dari tiga varian rasa, yaitu rasa coklat, vanilla dan stroberi.

9. Empal gentong (3%)

Menu kuah khas Cirebon ini pun banyak diminati tamu undangan resepsi pernikahan. Perpaduan daging sapi dan hangatnya kuah santan ini terasa nikmat jika disantap selagi masih panas. Stand ataupun pondokan menu empal gentong ini bisa menjadi alternatif untuk menu makanan gubukan yang berkuah. Menu ini juga cocok dihidangkan baik saat pesta pernikahan siang ataupun malam hari.

10. Puding (2%)

Menu selanjutnya yang tak kalah banyak penggemarnya adalah puding. Sebagai menu penutup, puding banyak menarik selera para tamu undangan. Tak pelak hal tersebut membuat pondokan puding selalu ramai oleh antrean para tamu. Puding yang disajikan biasanya berupa puding coklat ataupun stroberi.

Jajak pendapat ini dilakukan LITBANG KORAN SINDO

Waktu penelitian : 26 Juli hingga 8 Agustus 2017

Metode pengumpulan data : wawancara via telepon

Responden : 400 responden yang berdomisili di 7 Kota Besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogya, Palembang, Medan)

Sumber : Okezone

bakso
empal
ice cream
pasta
pempek
siomay
soup

Latest Review

Review of Delta Air

Posted by Konsultan K.
on 24 Oct 2017
Wilayah Bisnis Tour & Travel
Dekat sekali dengan wilayah bisnis tour & travel...

Top Reviewer

Most Reviewed