Suggest Us New Place
Join LI for Business

Hati-Hati! 5 Tanaman Herbal Ini Bisa Bikin Nyawa Melayang jika Dikonsumsi Berlebihan, Salah Satunya Ganja & Kecubung

Mon, 27 Nov 2017 10:00, Viewed: 2375
Hati-Hati! 5 Tanaman Herbal Ini Bisa Bikin Nyawa Melayang jika Dikonsumsi Berlebihan, Salah Satunya Ganja & Kecubung

TANAMAN herbal kerap digunakan sebagai bahan pengobatan secara alami. Namun tidak semua bisa dikonsumsi dengan banyak.

 

Sebab, ada beberapa tanaman herbal yang jika dikonsumsi berlebihan justru dapat membuat nyawa seseorang melayang. Karena itu, Anda harus benar-benar mengetahui informasi tentang tanaman herbal yang Anda konsumsi.

 

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 jenis tanaman herbal yang bisa bikin nyawa melayang jika dikonsumsi berlebihan:

 

Ganja

Meski mengonsumsi ganja adalah hal yang ilegal di Indonesia, namun ganja memiliki banyak khasiat dalam sisi kesehatan. Karenanya, ganja terkadang digunakan dalam dunia medis untuk mengatasi penyakit tertentu. Kandungan yang ada di dalam ganja dapat digunakan sebagai anti depresan, mengobati epilepsi, dan mengatasi parkinson.

 

Namun ganja juga dapat menyebabkan kematian penggunanya jika dikonsumsi berlebihan. Pengguna ganja lebih berisiko mengalami kematian akibat hipertensi yang disebabkan oleh ganja itu sendiri.

 

Kecubung

Kecubung juga merupakan tanaman herbal yang mampu memberikan banyak manfaat dari segi kesehatan. Mulai dari obat sakit gigi, asma, hingga meningkatkan daya tahan pria. Tetapi kecubung bisa menimbulkan racun jika digunakan tanpa berhati-hati. Karena itu, sebaiknya kecubung digunakan sebagai obat luar, bukan dimakan atau dimasukkan ke dalam tubuh.

 

Daun jarak

Daun jarak memiliki banyak khasiat dalam dunia medis. Mulai dari menyembuhkan luka dan pendarahan, obat sariawan, menyembuhkan rasa gatal, dan melancarkan pencernaan. Meski daun jarak berkhasiat dalam bidang kesehatan, tetapi tanaman ini memiliki racun yang berbahaya, terutama pada bijinya.

 

Jika Anda memakan biji tanaman jarak, maka akan membuat leher, perut, dan mulut mengalami sensasi rasa terbakar. Hal ini kemudian akan semakin berbahaya karena membuat tubuh dehidrasi yang berakhir pada kematian.

 

Daun bahagia

Daun bahagia biasa digunakan sebagai tanaman hias di sekitar rumah. Tanaman ini kerap dimanfaatkan sebagai penyerap racun di sekitar rumah, sehingga membuat udara terasa lebih bersih. Tetapi jika daun ini tertelan, dapat menimbulkan kematian pada seseorang. Mula-mula, orang yang menelannya akan kesulitan bernafas, kejang, hingga berujung pada kematian.

 

Gympie-gympie

Gympie-gympie adalah tanaman yang banyak tumbuh di Maluku. Tanaman ini memiliki bentuk yang cukup lebar dengan bulu-bulu halus di atas daunnya. Jika kulit terkena sedikit saja daun ini, maka dapat menyebabkan rasa gatal dan panas yang hebat dalam waktu yang lama. Jika terkena racun yang cukup banyak, maka bisa menimbulkan kematian.

 

Sumber: Okezone                         

Photo Gallery

Top Reviewer
Latest Review
Most Reviewed
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio