Samsung Galaxy S IV Vs. Sony Xperia Z, Siapa Lebih Unggul?

Gopego
Gopego - Sun, 17 Mar 2013 14:36
Tidak diragukan lagi bahwa Samsung Galaxy S IV yang telah diumumkan Kamis lalu (14 Maret) akan menjadi smartphone Android yang populer di tahun ini. Tapi generasi terbaru Galaxy S ini belum tentu bisa mendapat predikat sebagai smarpthone paling populer di tahun ini sebab masih ada high-end smartphone Android lainnya, yaitu Sony Xperia Z. Generasi terbaru Xperia ini bahkan sudah berhasil memikat publik sejak diumumkan di ajang CES 2013 pada awal Januari lalu.

Bicara soal harga, Sony Xperia Z sekarang sudah bisa Anda pre order secara online di Blibli dengan harga Rp. 6.999.000 dari harga normal Rp 7.499.000. Sedangkan harga Samsung Galaxy S IV masih belum diumumkan secara resmi, tapi Galaxy S IV versi 16GB baru saja dilaporkan akan dijual sekitar Rp 5.600.000 ($579).

Nah, bagi Anda yang sekarang masih bingung memutuskan untuk membeli Sony Xperia Z atau Samsung Galaxy S IV, berikut ini adalah perbandingan keduanya yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih.
DISPLAY
Samsung Galaxy S IV memiliki fitur layar Super AMOLED dengan resolusi 1920 x 1080p pada 441ppi, sedangkan Sony Xperia Z memiliki layar TFT dengan resolusi dan kepadatan pixel yang sama dengan Galaxy S IV. Kedua layar Samsung Galaxy S IV dan Sony Xperia Z sangat menawan, tapi layar Super AMOLED milik Galaxy S IV memiliki warna lebih hidup.

DESAIN DAN KUALITAS
Samsung Galaxy S IV memiliki ukuran 136,6 x 69,8 x 7,9 mm dan berat 130 gr, sedangkan Sony Xperia Z memiliki ukuran 139 x 71 x 7,9 mm dan berat 146 gr. Baik Samsung Galaxy S IV dan Sony Xperia Z sama-sama memiliki desain yang menjadi tren high-end smartphone saat ini. Tapi dengan dukungan dust and waterproof, Sony Xperia Z di sini lebih unggul.

INTERNAL HARDWARE
CPU, GPU & RAM
Samsung Galaxy S IV versi internasional menggunakan prosesor Exynos 5 Octa SoC, three-core PowerVR GPU, dan RAM 2GB. Sedangkan Sony Xperia Z menggunakan prosesor Qualcomm S4 Pro, Adreno 320, dan RAM 2GB. Tapi sayangnya saat ini kita masih menunggu tes benchmark Exynos 5 Octa SoC, yang diperkirakan akan mampu mengalahkan Qualcomm S4 Pro.

Memory internal
Baik Samsung Galaxy S IV dan Sony Xperia Z sama-sama menawarkan versi 16/32/64GB dan juga didukung microSD.

Kamera
Samsung Galaxy S IV menggunakan kamera belakang 13MP dan kamera depan 2MP, sedangkan Sony Xperia Z menggunakan kamera belakang 13.1MP dan kamera depan 2.1MP dengan Exmor RS, yang merupakan teknologi terdepan kamera smartphone. Biasanya, kamera Sony selalu sedikit lebih baik dibanding kamera yang digunakan oleh Samsung. Anda bisa menunggu perbandingan sampel kamera antara keduanya melalui Gopego.

Baterai
Samsung Galaxy S IV menggunakan baterai tempel berkapasitas 2600 mAh, sedangkan Sony Xperia Z menggunakan baterai berkapasitas 2330 mAh. Perbedaan kapasitas baterai keduanya tidak terlalu jauh, hanya saja Samsung Galaxy S IV akan memiliki battery life sedikit lebih lama dibanding Sony Xperia Z.

SOFTWARE
Samsung Galaxy S IV berjalan pada Android 4.2 Jelly Bean out of the box dengan versi terbaru TouchWiz, yang menawarkan berbagai fitur baru seperti AirView, Smart Scroll, Samsung Knox, Group Play, dan masih banyak lagi. Sony Xperia Z berjalan pada Android 4.1 Jelly Bean out of the box dengan Sony UI skin yang tidak memiliki fitur-fitur baru seperti yang ada pada Samsung TouchWizh.

Nah, setelah mengetahui perbandingan antara Samsung Galaxy S IV dan Sony Xperia Z, maka Anda bisa menyimpulkan sendiri manakah yang lebih baik di antara keduanya. Dan jangan lupa tuliskan komentar Anda pada kolom yang sudah disediakan. Anda juga bisa melihat hands-on Samsung Galaxy S IV Vs. Sony Xperia Z melalui video di bawah ini.Sumber: Gopego.com