Solusi Atasi Kepadatan Bandara

JPNN
JPNN - Sat, 28 Sep 2013 01:37
Viewed: 440
0
Thumbs Up
Thumbs Down
Solusi Atasi Kepadatan Bandara
CENGKARENG - Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono punya tiga solusi untuk mengatasi kepadatan bandara karena bertambahnya jumlah armada maskapai.

Menurutnya cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan efisiensi navigasi. Sebab, pengaturan navigasi di udara dan di darat saling terkait.

"Apabila pengaturan navigasi di udara tidak bagus, maka akan mempengaruhi navigasi di darat, begitu juga sebaliknya. Maka itu sistem navigasi harus kita benahi," ucap Bambang saat menghadiri penyambutan datangnya pesawat Garuda Airbus 330-300 di Hangar II, Soekarno Hatta, Jumat (27/9).

Cara kedua, lanjut Bambang, yakni dengan mengoptimalisasikan kapasitas bandara-bandara di Indonesia. Seperti dilakukannya pengembangan-pengembangan bandara untuk meningkatkan kapasitas.

"Misalnya, PT Angkasa Pura I melakukan pengembangan di Bandara Ngurah Rai, Sepinggan dan Balikpapan untuk optimalisasi kapasitas bandara yang lebih baik," tuturnya.

Cara terakhir yakni, bandara-bandara di Indonesia harus saling terintegrasi satu sama lain. Sebab menurut hematnya, dengan terintegrasinya antara bandara yang satu dengan lain maka pergerakan bisa dioptimalisasikan.

"Apalagi lima tahun mendatang ada 500 pesawat yang ada di Indonesia. Oleh karena itu butuh airport yang besar. Maka dibutuhkan sinergi yang bagus antara satu bandara dengan lainnya," tukas Bambang. (chi/jpnn)
Stock & Forex
Update: 24/10/2014 14:04
Source: Yahoo
* Quotes delayed
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio