Pimpin Barindo, Gita Wirjawan Ajak Berperan Majukan Indonesia

CENTROONE
CENTROONE - Sat, 24 Aug 2013 15:03
Dilihat: 552
0
Thumbs Up
Thumbs Down
Pimpin Barindo, Gita Wirjawan Ajak Berperan Majukan Indonesia
Surabaya - Organisasi massa (Ormas) Barisan Indonesia (Barindo), sejak 23-24 Agustus 2013 menggelar Musyawarah Nasional (Munas) II. Kota Surabaya dipercaya sebagai penyelenggara ajang pemilihan ketua umum DPP Barindo tersebut.

Bertempat di Hotel Meritus Jl Basuki Rahmat, Munas II Barindo itu dihadiri DPD dari 34 provinsi di Indonesia. Dalam pemilihan itu, Gita Wirjawan yang juga Menperindag RI terpilih menjadi Ketua Umum DPP Barindo periode 2013-2018 menggantikan Muchayat.

Dalam Munas II Barindo yang bertema 'Bersama Bersatu Kita Songsong Kepemimpinan Nasional 2014', mantan Ketua Umum DPP Barindo Muchayat berpesan agar seluruh elemen Barindo untuk bahu membahu membantu kepengurusan yang dipimpin Gita Wirjawan. "Ketua umum tanpa didukung dengan sistem organisasi yang baik, maka tak bisa menjalankan organisasi ini dengan benar. Untuk itu perlu dukungan semua pihak," ujar Muchayat.

Muchayat juga menjelaskan, kiprah Barindo selama mengikuti dua Pemilu di Indonesia, sudah lebih baik dalam menjalankan roda organisasinya. Bahkan sebagai Ormas yang independen, Barindo sudah dipertimbangkan sebagai Ormas dan organisasi politik di tingkat nasional.

"Kita harapkan tetap bisa membangun citra dan eksistensi Barindo sebagai organisasi yang independen dan terbuka. Semua ini butuk konsistensi seluruh potensi yang ada di organisasi ini. Sejak awal saya memimpin Barindo, September 2008, saya tak ada bekal apapun, yang ada hanya spirit pribadi dan kelompok untuk membesarkan Barindo. Spirit itu kita bangun bersama dengan modal kosong. Tapi saat sekarang, kita bangun spirit kebersamaan untuk menjadikan organisasi dan untuk berpartisipasi pada bangsa ini," beber Muchayat.

Muchayat juga menegaskan, di Barindo ini tak perlu mengejar jabatan, tapi harus mengerti fungsi dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Dengan bantuan semua pihak, diharapkan dapat mewujudkan Barindo tetap jaya. Sebab tujuan Barindo berbangsa adalah untuk mensejahterakan rakyat yang berkeadilan.

Sementara Gita Wirjawan berterima kasih kepada seluruh kader Barindo yang tetap solid membesarkan dan menyatukan Barindo untuk kepentingan nasional serta misi Barindo yang sangat panjang, yaitu menyongsong kepemimpinan Indonesia. Di Barindo, kita tak bisa menjalan sendiri tapi tetap untuk bangsa demi kepentingan nasional.

"Persaingan saat ini bukan persaingan antar suku, tapi persaingan dunia yang sangat besar. Ada 7 miliar manusia, dimana kue ekonomi atau PDRB dunia itu ada US$ 70 triliun, Indonesia hanya US$ 1 triliun atau 1,5 persen dari total ekonomi dunia. Tapi dari sisi populasi, keberadaan demokrasi, kebudayaan dan unsur yang kita banggakan, jauh lebih besar dari 1,5 persen itu. Barindo tak sekadar mensukseskan 2014 saja, tapi yang lebih penting adalah kegemilangan Indonesia. Barindo harus jadi bagian kegemilangan itu," ujar Gita Wirjawan dalam sambutannya.

Gita Wirjawan juga berpendapat, setidaknya generasi muda bangsa ini tak sekadar bisa tahu siapa yang memimpin bangsa ini, siapa yang bisa mempengaruhi geopolitik Indonesia. Tapi siapa yang bisa mempengaruhi proses apapun dan itu bukan terkait siapa yang menang. Kriterianya siapa yang bisa menyongsong kepemimpinan nasional, yang bisa meningkatkan relevansi geopolitik, bisa mengedepankan kearifan lokal dan yang bisa mengedepankan kepentingan rakyat, itulah yang harus disongsong Barindo untuk jadi pemimpin bangsa.

"Untuk kemajuan bangsa, siapapun jangan sampai minder dimanapun, baik bersaing dengan luar negeri. Barindo akan memilih pemimpin yang harus benar-benar jelas, mengerti konteks permasalah dan keungulan Indonesia dan internasional. Indonesia saat ini masuk dalam 15 besar ekonomi dunia, ini harus meningkat. Kalau perlu Barindo membangun sekolahnya, membangun rumah sakitnya, membangun klinik kesehatannya dan semua itu untuk rakyat. Saya yakin, Barindo bisa mengambil perannya untuk sukses dan gemilangnya Indonesia," tandas Gita Wirjawan.

Oleh: Windhi Ariesmna - Editor: Vivi Irmawati

Saham & Valas
Update: 29/08/2014 08:11
Sumber: Yahoo
* Harga tertunda
CAKUPAN MEDIA
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio