Iqbal, Anak Jalanan yang Diculik Kekasih Ibu, Dibantu Dinsos

Republika Online
Republika Online - Fri, 21 Mar 2014 03:31
Dilihat: 264
0
Thumbs Up
Thumbs Down
Iqbal, Anak Jalanan yang Diculik Kekasih Ibu, Dibantu Dinsos
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan membantu perekonomian keluarga Iqbal. Menurut Masrokhan, bantuan bakal diberikan dalam bentuk modal usaha.

"Kita akan memberdayakan keluarganya. Kalau keluarganya sejahtera, otomatis anak-anaknya juga akan terlindungi," kata dia melalui sambungan telepon, Kamis (20/3).

Dia menjelaskan, Iqbal sendiri saat ini kondisinya masih kritis di rumah sakit. Dinas Sosial, kata Masrokhan, memberikan pendamping seorang psikolog dan satu orang pekerja sosial. Apabila kondisi fisik dan mentalnya sudah membaik, Dinas Sosial berencana memasukkan bocah berusia 3,5 tahun tersebut ke panti sosial. Namun, dengan syarat orang tuanya menyatakan tak mampu membesarkannya.

Masrokhan mengatakan, untuk mencegah kejadian serupa, Dinas Sosial bakal terus melakukan razia untuk menertibkan anak jalanan. Dengan begitu, kekerasan pada anak yang banyak terjadi di jalan tak akan terjadi lagi.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menilai, kasus yang menimpa Iqbal merupakan potret kemiskinan di Ibu Kota. Kemiskinan, menurut dia, bisa membuat orang gelap mata sehingga melakukan tindakan kekerasan dengan mengeksploitasi seorang balita.

Iqbal merupakan bocah 3,5 tahun yang diculik dan dipaksa menjadi pengamen. Selama diculik tersebut, Iqbal disiksa hingga mengalami patah tangan dan luka bakar.

Dia diculik oleh DS, yang tak lain adalah kekasih ibunya. DS menculik Iqbal lantaran cemburu saat melihat ibu Iqbal bersama lelaki lain.
Saham & Valas
Update: 28/08/2014 20:05
Sumber: Yahoo
* Harga tertunda
CAKUPAN MEDIA
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio