Resep Makanan Tradisional: KUE TIMPHAN

Perempuan.com
Viewed: 5179
Resep Makanan Tradisional: KUE TIMPHAN
Resep Makanan Tradisional kali ini berasal dari daerah Aceh. Timphan merupakan olahan Resep Makanan Tradisional khas Aceh yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa, pisang, dan sejumlah bahan lainnya, dibalut dengan pucuk pisang dan dikukus. Timphan hanya didapati di Aceh atau kalangan orang Aceh di perantauan. Makanan Tradisional Timphan ini sudah dianggap wajib sebagai hidangan khas di waktu Hari Raya di Aceh. Khusus untuk isi dalam ada yang menggunakan sarikaya dan juga kelapa yang manis. Untuk Resep Makanan Trdisional Timphan kali ini akan diberikan dengan menggunakan isian cempedak khas daerah Sumatera. Nah, Dear, bagaimana cara membuat Timphan khas Aceh ini? ingin mencobanya dirumah? Simak resepnya di cara membuat Resep Makanan Tradisional berikut ini.
Category: Pie & Cake

Ingredients

  • 4 butir kuning telur
  • 150 gram gula pasir
  • 250 cc santan kelapa
  • sdt garam
  • 250 gram nangka tua / cempedak, diiris kecil
  • 3 sdm gula pasir
  • sdt garam
  • 5 sdm santan kental, didihkan
  • 400 gram tepung beras ketan
  • 450 gram pisang raja yang tua dan daun pisang yang sangat muda
  • cup minyak goreng

Cara membuat :

1. Buat isi : Campur telur dan gula pasir, lalu tempatkan pada sebuah panci, aduk rata. Campurkan bahan yang lainnya dan masak di atas api sambil terus diaduk hingga campuran mengental, angkat dari api.

2. Buat adonan tepung : Campur gula pasir dan garam dengan santan kental yang telah di didihkan. Sementara itu uleni tepung ketan dengan pisang raja hingga rata. Lalu tuangkan campuran santan panas tadi, dan uleni lagi hingga adonan menjadi lembut.

3. Bersihkan daun pisang, potong ukuran 10 x 10 cm, olesi dengan sedikit minyak goreng. Kemudian letakkan 1 sendok makan adonan tepung, pipihkan dan letakkan 1 sendok teh adonan isi di bagian tengahnya. Bungkus dalam bentuk bulat panjang. Kukus selama 15 menit, keluarkan dari kukusan, rapikan dankeringkan daun pembungkusnya dengan kain. Hidangkan. (untuk : 50 bungkus)
Resep Makanan Tradisional, Timphan ini sudah lolos uji di dapur. Nah, Dear, sangat mudah bukan untuk mencoba mengolahnya dirumah? Bahan-bahan yang diperlukan pun bisa didapatkan dengan mudah di pasar atau pun supermarket. Selamat mencobanya ya Dear dirumah.

0 Review

0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
Sorry, there are no review. Please write your review below.
Write a Review
Rating:
*
Headline:
*
Details:
*
Pros:
 
Cons:
 
 
 
Security Code:
*
 
 
Please type the above letters.
 
 
FirstPrev1NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio