Desserts

FirstPrev12345NextLast
  • Puding Susu Saus Karamel

    Puding Susu Saus Karamel

    Salah satu kudapan yang cocok dinikmati di saat cuaca terik adalah puding. Cara membuat puding memiliki tekstur yang lembut serta creamy, membuatnya cocok sebagai hidangan penutup untuk mengakhiri santap lezatmu. Asal mula kata puding berasal dari bahasa Prancis, yaitu boudin yang berarti 'sosis darah', dari bahasa Latin, botellus yang berarti 'sosis kecil'. Istilah pudding digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. Tidak semua jenis puding rasanya manis, misalnya saja seperti suet pudding (puding lemak) yaitu jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu dengan campuran lemak domba atau lemak sapi. Di Inggris, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang terbuat dari telur dan tepung, cara memasaknya dengan cara mengukus, merebus, dan memanggang.
  • Crepes

    Crepes

    Crepes merupakan salah satu macam panganan yang sangat digemari banyak orang. Bentuknya yang tipis dan renyah serta memiliki beragam varian isi dan toping membuatnya diminati oleh semua orang. Tak heran jika jajanan satu ini tak pernah sepi dari para penikmat kuliner. Crepes ini sendiri merupakan jajanan yang asalnya dari benua Eropa namun sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Jika dilihat dari segi bahasa, nama ‘crepes’ berarti meringkuk, yang diambil dari bahasa Prancis, ‘crispa’. Bila dilihat sekilas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk ketika disajikan, adonan kue crepes ini sudah dilipat-lipat terlebih dahulu. Sejak awal kemunculannya sampai saat ini, crepes bisa dikategorikan menjadi 2 macam. Jenis yang pertama yaitu crepes manis (crepe sucree). Adapun bahan tambahan yang kerap digunakan untuk crepes manis adalah selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, sirup, gula, dan masih banyak lagi. Lantaran rasanya manis, kue crepes manis sangat digemari oleh kalangan anak-anak hingga dewasa. Sedangkan untuk macam kue crepes kedua adalah crepes asin/gurih atau biasa disebut crepe salee. Seperti namanya, kue satu ini memiliki rasa yang lebih gurih atau asin. Rasa gurihnya bersumber dari bahan tambahan seperti bayam, telur, keju, jamur dan masih banyak lagi. Kue cepres manis biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau hidangan penutup (dessert), sedangkan untuk kue crepes asin sebagai sajian hidangan pembuka. Crepes manis sendiri seringnya dibuat dengan bahan utama tepung terigu, sedangkan crepes asin dibuat dengan tepung buckwheat. Sebagai salah satu jajanan yang begitu populer dan digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, tidak heran jika kamu dapat menjumpai pedagang kue crepes di berbagai sudut kota. Akan tetapi, kamu tak perlu membeli kue ini jika hanya untuk bisa menikmati renyahnya crepes. Kamu bisa membuatnya sendiri di dapur dengan mengikuti resep cara membuat kue crepes berikut ini. Berikut cara membuat crepes dengan teflon yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/11/2018).
  • Churros Oreo

    Churros Oreo

    Churros merupakan dessert yang berbentuk seperti cakue, tapi biasanya dicelupkan ke dalam saus cokelat yang manis dan nikmat. Churros sendiri di Amerika Serikat lebih sering disajikan sebagai makanan musim panas yang akan sangat dirindukan di musim dingin. Kamu bisa menemukan churros di festival, taman bermain, dan di acara-acara publik. Sejarah dari ditemukannya Churros mengenal dua versi. Ada yang mengatakan churros merupakan makanan yang ditemukan oleh para penggembala nomaden asal Spanyol yang tinggal di dataran tinggi tanpa akses ke toko roti, dan memaksa mereka untuk membuat makanan yang lebih mudah. Inilah yang menyebabkan bentuk churros seperti tanduk, karena mereka adalah penggembala domba yang bernama Navajo-Churro dari Semenanjung Iberia. Versi lain dari sejarah churros mengatakan bahwa para pelaut dari Portugis menemukan makanan serupa dari Utara Tiongkok bernama You Tiao, dan mereka membawanya kembali ke Portugis, dan itulah yang diambil oleh orang Spanyol dari tetangga mereka. Pada akhirnya, dari kedua versi tersebut, churros yang dikenal di Amerika dibawa oleh para penakluk dari dataran Eropa ke Amerika Latin dengan berbagai jenis, seperti churros berisi alpukat di Cuba, berisi susu manis di Mexico, dan berisi keju di Uruguay. Nah, churros yang kita kenal memiliki bentuk memanjang seperti stik dengan permukaan yang tak rata. Bentuk ini didapat dari proses pembuatan yang menggunakan corong cetakan kue sehingga menghasilkan bentuk unik dan khas. Churros juga sering disebut sebagai donatnya orang Spanyol, karena teksturnya yang seperti donat membuatnya sangat cocok dicelup saus atau hanya diberi taburan gula halus. Beberapa waktu lalu, churros pun menjadi camilan yang hits di semua kalangan. Rasanya yang enak tentu saja membuat banyak orang ketagihan. Tak heran jika berbagai varian dari churros pun bermunculan. Salah satunya adalah churros Oreo, di mana adonannya berwarna hitam seperti biskuit Oreo dengan isi dari selainya. Penasaran dengan cara membuatnya? Berikut cara membuat churros Oreo yang Liputan6.com rangkum, Minggu (28/10/2018).
  • Es Krim Nanas

    Es Krim Nanas

    Es krim jadi salah satu makanan yang digemari dari berbagai kalangan. Rasanya yang manis jadi kenikmatan tersendiri. Bagi para penggemarnya, es krim bisa dinikmati kapan saja. Es krim bisa disajikan, baik dalam musim hujan maupun kemarau. Seperti dikutip dari Cookpad.com, Selasa (23/10/2018), berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah pembuatan es krim nanas yang menyegarkan.
  • Klepon Ubi Ungu

    Klepon Ubi Ungu

    Kue klepon merupakan jajanan pasar berupa kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Kue klepon termasuk dalam golongan kue tradisional yang pada umumnya terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dipadukan dengan warna hijau dari air perasan daun suji dan daun pandan juga diberi isi gula merah pada bagian tengahnya. Di Sumatera dan Malaysia, klepon disebut ‘onde-onde’, sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia panganan yang disebut Onde-onde adalah bola-bola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Meskipun kue klepon ini termasuk makanan tradisional yang mungkin terlihat biasa-biasa saja, namun kue klepon ini sudah banyak tersebar sangat luas. Bukan hanya orang kampung yang dapat menggemari kue klepon ini, tetapi orang kota pun ternyata banyak yang suka dengan kue basah yang satu ini. Membahas tentang kue klepon, ternyata sudah ada klepon yang terbuat dari bahan ubi ungu. Kue klepon ubi ungu ini sama seperti kue klepon hijau yang terbuat dari tepung ketan dan proses penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut. Mungkin selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memiliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Proses pembuatannya pun sama dibuat dengan cara direbus terlebih dahulu yang kemudian digulingkan dengan kelapa parut sehingga menambah rasa gurih pada kue yang satu ini. Ubi ungu yang kaya akan betakarotin ini memang sangat pas dijadikan sebagai kue klepon. Nah penasaran kan? Berikut cara membuat kue klepon ubi ungu yang enak dna kenyal seperti Liputan6.com rangkum Selasa (23/10/2018).
  • Banana Nugget

    Banana Nugget

    Tren kuliner yang terus berganti membuat banyak makanan baru bermunculan. Dari sekian banyak, Anda tentu sudah familiar dengan salah satu camilan kekinian, banana nugget. Divariasikan dengan banyak rasa, kudapan ini bisa dikatakan satu yang menarik perhatian foodies. Kendati banyak penjual yang menawarkan, bukan berarti Anda harus selalu beli jika ingin menyantap banana nugget. Dengan mengikuti resep sederhana, camilan ini ternyata bisa dibuat sendiri di rumah. Juga, Anda bisa memilih topping yang disajikan bersama camilan ini. Langsung saja yuk praktik menggunakan resep kreasi fridajoincoffee seperti dikutip dari cookpad.com. Selasa, 9 Oktober 2018.
  • Es Mambo Alpukat

    Es Mambo Alpukat

    Cuaca panas yang belakangan melanda mungkin membuat Anda memutar otak guna menemukan solusi untuk mendinginkan tubuh. Minum es mungkin jadi salah satu cara yang dipilih tak sedikit orang. Kalau Anda memikirkan hal yang sama, maka tak ada salahnya mempertimbangkan untuk membuat es mambo alpukat. Ya, camilan satu ini membuat es yang dikonsumsi tak memiliki rasa itu-itu saja. Dengan resep yang cukup mudah dan bahan-bahan gampang didapatkan, bukan mustahil lho resep ini ditiru, bahkan oleh Anda tak terlalu mahir. Dikutip dari Instagram @fridajoincoffee, Sabtu, 13 Oktober 2018, berikut resep es mambo alpukat.
  • Es Hunkwe

    Es Hunkwe

    Banyak sekali pilihan minuman dingin untuk menyegarkan tubuh di kala cuaca panas melanda. Es Hunkwe bisa menjadi salah satu pilihan. Cara membuatnya pun terbilang mudah, apalagi bahan-bahannya mudah didapatkan. Es berbahan dasar tepung Hunkwe ini juga bisa dikreasikan menjadi berbagai olahan es, tinggal tergantung selera Anda. Bisa dijadikan es buah, es cendol, dan lain sebagainya. Nah, bagi yang ingin membuat sendiri es Hunkwe, berikut cara membuat es Hunkwe dilansir dari akun Instagram @koleksirespsj, Senin, 16 Oktober 2018.
  • Puding Mangga

    Puding Mangga

    Ada begitu banyak variasi puding yang dapat Anda nikmati sebagai camilan atau makanan penutup. Tak hanya enak, puding juga bisa menyegarkan. Apalagi, bila puding memiliki kesegaran maksimal seperti resep puding mangga berikut ini. Memanfaatkan musim mangga yang sedang berlangsung, Anda bisa membuat puding ini sendiri. Cara membuatnya pun tidak begitu sulit. Berikut resep puding mangga yang dibagikan pemilik akun Instagram @xanderskitchen, seperti dikutip Selasa, 16 Oktober 2018.
  • Ice Cream Beng Beng

    Ice Cream Beng Beng

    Untuk membuat kudapan lezat ini, Anda hanya perlu menyediakan bubuk es krim kemasan, atau bisa juga diolah dengan mencampurkan susu cair, susu kental manis, dan sedikit tepung maizena. Tergantung kebutuhan masing-masing. Jika tidak ingin repot-repot, Anda bisa menggunakan bubuk es krim kemasan. Setelah membuat adonan es krim, langkah selanjutnya adalah menaburkan remahan beng-beng pada adonan es krim sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Mudah bukan? Daripada penasaran, yuk simak resep lengkap membuat ice cream beng-beng sebagaimana dikutip Okezone dari berbagai sumber, Senin (8/10/2018).
FirstPrev12345NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio