Sepasang ABG di Tapin Kalsel Nikah Muda, Fotonya Viral di Medsos

Okezone
 Okezone - Fri, 13 Jul 2018 09:12
 Viewed: 1039

TAPIN - Dunia maya digemparkan dengan beredarnya foto pernikahan sepasang bocah berusia 13 dan 14 tahun. Sepasang ABG itu terlihat mengenakan baju khas pengantin laiknya baru saja mengucap ijab kabul.

Menurut postingan pengguna akun facebook Yuni Rusmini pada Jumat (13/7/2018), pernikahan tersebut terjadi di Desa Tungkap, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kedua bocah bau kencur itu masing-masing bernama Ira berusia 14 tahun dan Arifin yang terpaut setahun lebih muda. Dalam foto yang diunggah Yuni, Ira dan Arifin bersanding mesra dengan senyum yang terpancar dari wajah keduanya. Di salah satu foto, keduanya turut berpose dengan diapit bersama teman-temannya.

Kasus perkawinan anak memang sudah lazim terjadi di Indonesia, khususnya di daerah. Sehingga tak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara dengan angka pernikahan dini cukup tinggi. Berdasarkan data dari United Nations Children's Fund (UNICEF) 2018, angka perkawinan anak di Indonesia berada di peringkat ketujuh di Asia Tenggara.

Sebelumnya, pada April 2018 lalu, sepasangan kekasih yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) di Bantaeng, Sulawesi Selatan sempat bikin publik geger. Ya, mereka ngebet ingin mendaftar pernikahannya ke KUA, padahal masih di bawah umur.

Pernikahan anak di bawah umur juga terjadi di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada November 2017 lalu. Kala itu, sepasang remaja satu sekolah yang masing-masing bernama Andini (15) dan Arling (16) memutuskan untuk menikah muda. Foto-foto resepsi pernikahan mereka pun beredar luas di media sosial hingga menjadi viral.

Dua sejoli yang masih duduk di bangku SMA itu melangsungkan pernikahannya dengan adat Mandar pada Minggu 26 November 2017 di kediaman mempelai perempuan di Lampa, Jalan Poros Polman-Majene, Kelurahan Mapilli, Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar.

Source: Okezone