TIPS LARIS: Fenomena Baru, Konsumen Lirik Produk yang Viral di Medsos

Okezone
 Okezone - Sat, 06 Jan 2018 00:34
 Viewed: 197
TIPS LARIS: Fenomena Baru, Konsumen Lirik Produk yang Viral di Medsos

JAKARTA - Konsumen sekarang ini menginginkan lebih dari sekedar pilihan mode, teknologi dan hiburan terkini. Mereka juga memperhatikan masalah lingkungan, perdagangan yang adil dan persamaan sosial. Selain itu juga mereka ingin membeli barang dan jasa dari perusahaan yang responsif terhadap masalah ini.

Hubungan antara pilihan ekonomi dan sosial ini memberi peluang pemasaran yang hebat bagi para pengusaha, dan setidaknya ada lima alasan mengapa menambahkan fokus pada hal yang memiliki keberlanjutan atau masalah sosial lainnya akan membantu Anda memperluas hubungan dengan pelanggan Anda.

1. Rasional versus emosional

Orang-orang percaya bahwa keputusan pembelian mereka didasarkan pada pilihan rasional. Namun, kebanyakan konsumen memutuskan apa yang harus dibeli dan siapa yang harus membelinya berdasarkan emosi mereka.

Masalah yang sedang hangat-hangatnya, seperti penggundulan hutan atau kelaparan di negara berkembang dapat menjadi alat pemasaran jika perusahaan Anda menggunakan kertas daur ulang dan kuitansi elektronik, atau persentase keuntungan Anda berjalan untuk mendukung amal yang memberi makan anak-anak yang kelaparan.

Sebagian besar konsumen mencari hubungan emosional dan ingin merasa nyaman dengan bagaimana mereka menghabiskan uang mereka. Memasarkan tindakan yang dilakukan perusahaan Anda untuk menanggapi masalah tombol panas yang dipilih memberikan pengalaman yang terasa baik bagi pelanggan Anda yang dapat diterjemahkan ke dalam hubungan emosional dengan bisnis Anda. Upaya ini mengarah pada brand awareness dan loyalitas pelanggan.

2. Belanja karena ada sebab

Beberapa konsumen sangat menyukai berbagai sebab. Namun, merasa tidak berdaya dalam menghadapi pilihan pemerintah atau pengambilan keputusan perusahaan. Orang-orang ini memilih untuk membeli produk dari perusahaan yang mendukung penyebabnya atau menentang hal yang sama dengan yang mereka lakukan, seperti kekejaman terhadap hewan dan makanan hasil rekayasa genetika.

Belanja berbasis sebab dapat memberi dampak signifikan pada usaha kecil. Ketika dihadapkan pada pilihan untuk membeli dua produk dengan kualitas yang sama, 90% pembeli Amerika Serikat (AS) memilih untuk membeli produk bermerek yang dibutuhkan atau membeli dari perusahaan bermerek yang dibutuhkan.

3. Topik yang masih hangat

Topik ini sering muncul dari berita berita yang tren, masalah kesehatan atau tantangan sosial, dan Anda dapat menggunakan isu-isu ini untuk mempromosikan produk atau layanan Anda secara efektif dan bijaksana. Misalnya, isu terkini dengan kualitas air di tempat-tempat seperti California dan Flint menghasilkan kampanye pemasaran yang terfokus oleh perusahaan penyaring air yang memberikan solusi kepada konsumen untuk mengatasi masalah ini.

Fokus yang berkembang dan keberlanjutan juga menyebabkan Coca-Cola memasukkan fokus pemasarannya pada pengurangan jejak lingkungannya melalui kampanye Project Sunlight.

Anda juga bisa memanfaatkan masalah kebijakan publik dengan menggunakan alat pemasaran yang mempromosikan komitmen Anda dengan berbagai cara.

Praktik yang melestarikan sesuatu, misalnya, menghemat uang Anda, dan Anda bisa melewati semua tabungan tersebut kepada pelanggan. Sebuah acara penjualan yang bertuliskan "Kami mengurangi tagihan listrik dengan penjualan panel surya" bisa membawa hasil yang langgeng.

Source: Okezone