Aksen Kantong Pemanis Penampilan

Nyata.co.id
Nyata.co.id - Tue, 30 Jul 2013 11:33
Aksen Kantong Pemanis Penampilan
Aplikasi kantong pada busana juga dapat memengaruhi tampilan bentuk tubuh. Apa saja jenis kantong yang biasa diaplikasikan dan bagaimana memilih busana berkantong yang tepat?


Baju berkantong memang sudah biasa. Kantong seringkali dianggap aplikasi biasa, yang berguna untuk menyimpan sesuatu. Padahal, selain berguna untuk membawa benda, aplikasi kantong juga bisa mempermanis penampilan.
"Tentu aplikasi kantong ini juga harus tepat," ujar Wakil Kepala Program Studi Fashion Design and Business Fakultas Kreatif Industri Universitas Ciputra Surabaya, Janet Rine Teowarang.

Janet menjelaskan, kantong yang biasa diaplikasikan pada busana pada dasarnya dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:
- Side Pocket
Side pocket adalah kantong yang penempatannya di bagian samping. Bisa pada celana atau rok. Namun, karena garis kantongnya vertikal, side pocket jadi tidak terlihat.
- Patch Pocket
Patch pocket disebut juga dengan kantong tempel. Kebanyakan patch pocket ada pada busana-busana kasual seperti kemeja, rok, celana berbahan sutra atau kaos atau katun, serta jins.
- Welt Pocket
Welt pocket biasanya ada pada jaket, jas, atau blazer. Pada jaket, welt pocket biasanya digunakan pada jaket semi formal. Karena itu, bahan jaket yang digunakan adalah corduroy, katun, twill, dan tweed.
- Chanel & Jeans Pocket
Chanel dan jeans pocket sifatnya lebih ke fashion, sehingga hanya sebagai variasi saja. "Karena sifatnya lebih ke fashion, penempatan kantong pada busana bisa di mana saja," ujar Janet.
Seperti detail pada umumnya, kantong juga bersifat menambah volume, sehingga bisa memengaruhi tampilan bentuk tubuh. "Apalagi jenis kantong yang kelihatan, seperti patch pocket, chanel pocket, dan jeans pocket," kata Janet.
Meski bisa mempengarui bentuk tubuh, namun menurut Janet, peran kantong dalam mempengaruhi bentuk tubuh tidak sebesar model busana atau potongan busana. "Itu karena kantong hanya bersifat sebagai detail, sehingga tidak menjadi fokus utama pada busana," terangnya.
Meski begitu, untuk mendapatkan tampilan sempurna, ia menyarankan agar tetap memperhatikan penempatan kantong, yaitu tidak menempatkan di bagian tubuh yang besar.
Misalnya, untuk pemilik pinggul besar. Sebaiknya hindari kantong yang berada di bagian pinggul, karena itu akan membuat bentuk pinggul tampak lebih besar, sehingga tubuh jadi tampak kurang proporsional.
Sebaliknya, untuk orang dengan bentuk tubuh kecil, sebaiknya pilih busana dengan kantong yang ditempatkan di bagian yang kurang. Misalnya patch pocket di area pinggul yang tidak aman bagi pemilik pinggul besar, justru sesuai dengan pemilik pinggul kecil.

Perhatikan Juga Variasi Kantong
Kantong, terutama yang sifatnya lebih ke fashion, bisa memiliki model yang bermacam-macam. Ada kantong yang ditambah flap atau tutupan kantong, ada juga yang ditambah variasi seperti benang berwarna lain, dan bisban. Pada flap, bisa juga ditambah variasi seperti kancing, paku, dan borchi.
Flap atau berbagai macam variasi tersebut memang berguna untuk mempercantik tampilan kantung. Namun, flap ataupun variasi tersebut justru menambah volume. *Dc/foto:net