Negara Harus Hadir: Kecukupan, Kecepatan dan Ketepatan Membatasi Dampak COVID-19

Mon, 23 Mar 2020 - Thu, 30 Apr 2020
Negara Harus Hadir: Kecukupan, Kecepatan dan Ketepatan Membatasi Dampak COVID-19
Event Category: Exhibition / Seminar

Hari – hari ini, Indonesia sedang dilanda krisis kesehatan COVID -19, dan mungkin akan memasuki krisis ekonomi dan krisis sosial, jika pemerintah terlambat dan keliru dalam kebijakan dan penanganannya. Untuk mencegah dan membatasi krisis kesehatan, Presiden Jokowi dan seluruh jajaran pemerintah Indonesia perlu segera melakukan pendekatan Negara Hadir. Pendekatan Negara Hadir tidak lain ditandai oleh 3 hal: Kecukupan, Kecepatan dan Ketepatan Tindakan dan Kebijakan.


Kecukupan 
artinya pemerintah perlu mengerahkan seluruh kemampuan dan upaya termasuk melalui kebijakan fiskal, kebijakan kesehatan komprehensif, pendataan dan informasi publik. Kecukupan akan terlihat dari jumlah dan ketersediaan alat testing dan sarana karantinaKecepatan artinya kebijakan dan tindakan pemerintah tidak boleh menunggu (sampai jumlah terinfeksi atau jumlah meninggal menjadi banyak/tinggi), tetapi harus dengan sikap antisipasi dan looking forward. Indikatornya adalah sejauh mana penyemprotan dan pembersihan sudah dilakukan, baik di tempat kerja dan di tempat tinggal. Ketepatan artinya harus berdasarkan bukti-bukti yang ada, baik berdasarkan pedoman WHO maupun pengalaman negara–negara lain. Indonesia juga perlu melakukan benchmarking dengan negara–negara lain, untuk mampu dan agar lebih berhasil.


Penyebaran virus corona dan korban meninggal di Indonesia terus merangkak naik
. Dari yang awalnya 2 orang pada laporan kasus pertama, kemudian menjadi 309 orang (per 19 Maret 2020). Dari 309 kasus, 25 orang meninggal dan 15 lainnya sembuh. Dengan angka tersebut, Indonesia merupakan negara dengan kasus kematian akibat COVID-19 tertinggi kedua di Asia Tenggara, dengan tingkat kematian (Case Fatality Rate/CFR) mencapai 8,4% (masuk dalam 10 besar yang tertinggi di dunia per 19 Maret)

Latest Review

Review of Wilda Watch

Posted by iin p.
on 15 Feb 2021
langganan saya dari dulu
sebagai pemilik akun love indonesia, saya mau mereview toko ini. wah toko ini sih legenda ...

Top Reviewer

Most Reviewed