5 Makanan dan Minuman Ini Cuma Ada saat Ramadan Lho !

Tue, 15 May 2018 10:00
409
5 Makanan dan Minuman Ini Cuma Ada saat Ramadan Lho !

SELAIN ngabuburit, masyarakat Indonesia masih memiliki kebiasaan unik lainnya. Di ranah kuliner misalnya, ada beberapa makanan dan minuman yang hanya ada saat berlangsungnya bulan suci saja.

 

Meskipun tidak ada yang tahu pasti alasan di balik ketersediaan makanan dan minuman tersebut hanya ada saat Ramadan saja, tetapi berkat inilah masyarakat menjadi selalu antusias ketika memburunya.

 

Lantas apa saja deretan makanan dan minuman yang hanya ada saat bulan suci, Ramadan?

 

1. Es timun suri

 

Buah timun suri menjadi salah satu primadona yang hanya ada saat Ramadan. Buah yang satu ini tidak memiliki cita rasa khas, hanya hambar, tetapi mampu berpadu dengan jenis dan rasa sirup apa saja.

 

Mengonsumsi buah timun suri saat berbuka puasa akan memberikan efek sejuk atau adem di kerongkongan setelah seharian menahan dahaga.

 

2. Es blewah

 

Selain timun suri blewah menambah deretan buah yang mudah ditemui saat Ramadan. Rasanya yang hambar persis seperti timun suri membuat blewah bisa dicampurkan ke dalam jenis es untuk berbuka puasa, salah satunya es campur.

 

Teksturnya yang renyah membuat blewah unik ketika menyapa rongga mulut.

 

3. Kolak

 

Saking identiknya dengan Ramadan, kolak menjadi salah satu hidangan berbuka yang wajib tersaji di atas meja makan. Meskipun jenisnya beraneka macam, tetapi kolak tetap disukai oleh masyarakat Indonesia.

 

Disajikan hangat saat waktu Magrib, membuat kolak semakin nikmat untuk disantap.

 

4. Putu mayang bihun

 

Jajan pasar alias kue tradisional pun turut mewarnai meja makan saat waktu berbuka tiba. Salah satunya ada putu mayang bihun, yang punya aneka warna.

 

Putu mayang bihun bisa jadi santapan berbuka yang mantap, karena disiram dengan kuah yang terbuat dari gula merah cair, tekstur kue yang lembut pun akan terasa memanjakan lidah saat kali pertama Anda gigit untuk hidangan berbuka puasa.

 

5. Nasi lemang

 

Nah, bagi masyarakat Melayu tidak lengkap hidangan berbuka puasa jika tidak ada nasi lemang. Nasi yang terbuat dari bahan baku beras ketan ini yang dimasak dalam bambu tersebut, bisa dimakan dengan cara yang berbeda tiap daerah.

 

Ada yang biasa memakannya dengan cita rasa manis karena disandingkan dengan selai, kinca, dan gula merah cair, pun ada yang asin, sebab dimakan bersama ikan, telur, rendang, dan lauk-pauk lainnya.

 

Sumber: Okezone

(Foto Kementerian Pariwisata RI)
Es Blewah
Es Timun Suri

Latest Review

Review of Arista Auto Prima - Honda

Posted by Bowo
on 22 May 2018
Dealer mobil Honda
Tempat beli dan maintenance mobil Honda Anda, pelayanan prima untuk pelanggan Honda. Sales...

Top Reviewer

Cindy G.

Last reviewed Wilda Watch
on 22 Apr 2018
WILDA WATCH IS THE BEST!
Pelayanan nya bagus! Service nya bagus! Harganya bagus! kualitas nya oke bangetttttttt suk...

Most Reviewed

Kampoeng Koneng

Last reviewed by kampoeng k.
on 10 Jul 2016
Morning.. @kampoeng koneng
suasana nyaman, menunya khas...