6 Makanan Khas Madura, Cita Rasa Pedas Gurihnya Nagih!

Thu, 08 Apr 2021 10:00
88
6 Makanan Khas Madura, Cita Rasa Pedas Gurihnya Nagih!

Salah kuliner Nusantara yang tak boleh dilewatkan kelezatannya adalah makanan khas Madura, Jawa Timur. Tak hanya beragam, rasa pedas khas Madura sayang untuk dilewatkan, terutama bagi pencinta makanan pedas.

 

Madura sendiri tidak hanya terkenal dari sukunya dan destinasi ikonik seperti Jembatan Suramadu, tetapi juga kuliner khasnya. Beberapa di antaranya bisa saja menjadi favorit Anda.

 

Makanan khas Madura ini juga bermacam-macam, ada hidangan utama atau makanan berat, hingga jajanan tradisional. Selain itu, makanan-makanan khas Madura juga mempunyai keunikan tersendiri yang disukai wisatawan.

 

Oleh karena itu, jika Anda sedang atau ingin pergi ke Madura, Jawa Timur, jangan lupa mencicipi makanan-makanan khasnya. Sebab, makanan khas Madura tersebut sangat sayang untuk dilewatkan.

 

Lantas, apa saja makanan khas Madura? Intip daftar makanan khas Madura berikut ini, seperti dirangkum pada  (6/4/2021).

 

Soto Madura

 

Soto Madura

 

Makanan khas Madura di urutan pertama adalah Soto Madura. Layaknya daerah-daerah lainnya, Madura juga mempunyai soto khasnya tersendiri. Seperti Soto Madura yang khas karena kuahnya menggunakan bahan kemiri, sehingga warna kuahnya menjadi kuning keruh.

 

Selain kemiri, bahan dasar untuk membuat soto Madura ini adalah ayam, yang ditambah dengan bumbu khas soto lainnya. Sama halnya dengan hidangan-hidangan soto lainnya, makanan khas Madura yang satu ini sangat pas disajikan bersama nasi hangat.

 

Sate Madura

 

Sate Madura

 

Makanan khas Madura di urutan selanjutnya adalah sate Madura. Bagi Anda yang merupakan orang Jawa Timur atau tinggal di provinsi sana, pasti sudah tidak asing dengan hidangan sate satu ini. Sebab, makanan khas Madura satu ini sangat terkenal karena rasanya yang khas.

 

Sate Madura ini terbuat dari daging yang beragam. Mulai dari ayam, daging sapi atau daging kambing. Sedangkan untuk bumbunya, sate Madura terbuat dari bahan kacang, kecap, yang ditambah dengan beberapa jenis bumbu lainnya.

 

Nasi bebek hitam khas Madura

 

Nasi Bebek Madura

 

Berikutnya ada nasi bebek khas Madura yang menjadi favorit banyak orang saat berkunjung ke sana. Ini merupakan hidangan nasi dan daging bebek yang dibumbui dengan rempah-rempah khas, sehingga menghasilkan warna bumbu yang hitam.

 

Bumbu hitamnya tersebut rasanya cenderung pedas karena bahan-bahannya terbuat dari cabai merah, rawit hijau, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, ketumbar, dan asam keping atau asam jawa cair.

 

Kemudian tambahkan kaldu bubuk, garam, dan kaldu bebek secukupnya. Biasanya, masakan ini juga ditambahkan dengan serundeng untul menambah tekstur nasi bebek hitam khas Madura.

 

Bebek songkem

 

Bebek Songkem

 

Selanjutnya ada makanan bebek songkem. Makanan khas Madura ini juga terbuat dari daging bebek. Bedanya dengan nasi bebek bumbu hitam adalah bumbunya. Cara membuat bebek songkem ini cukup unik, yakni daging bebek dibersihkan, diberi bumbu tertentu, kemudian ditelungkupkan, dan dikukus menggunakan daun pisang.

 

Tidak hanya unik secara penyajian, olahan bebek ini juga memiliki filosofi, yaitu pesan tentang etika, wujud hormat dan terima kasih. Sebab, bebek songkem merupakan sebuah sajian yang bukan cuma perihal rasa makanan, tetapi juga soal tata krama. Unik ya!

 

Nasi serpang

 

Nasi Serpang

 

Makanan khas Madura di urutan ke-lima ada nasi serpang. Hidangan ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang di luar Madura, namun tidak bagi orang asli sana. Sesuai dengan namanya, nasi serpang adalah sajian nasi yang dicampur dengan berbagai lauk pauk.

 

Lauk pauk yang disajikan bersama nasi antara lain pepes ikan tongkol, kerang masak sambal goreng, soun bumbu kecap, telor asin masir, sambal terasi, krupuk bumbu rujak, dendeng daging sapi Madura serta kripik paru.

 

Diketahui lauk pauk tersebut adalah unsur-unsur yang ada di Madura. Selain itu, citarasa punel pada nasinya juga khas karena itu hasil dari tata cara pendinginan nasi yang memang sudah menjadi ciri kuliner Madura. Ditambah, adanya sambal terasi bertekstur kasar yang menyerupai petis, menjadikan makanan ini berbeda dari makanan lainnya.

 

Rujak corek

 

Rujak Corek

 

Makanan khas Madura di urutan terakhir adalah rujak corek. Dinamai demikian karena dalam bahasa Madura, corek sendiri berarti mengorek-ngorek. Dalam pembuatan bumbunya pun berbeda dengan pembuatan bumbu rujak lainnya.

 

Sebab, rujak corek terbuat dari mentimun yang telah dicuci hingga bersih, kemudian dikupas kulitnya. Lalu, bagian dalam yang lembut ‘dicorek’ atau dikeruk, dan dicampur dengan bumbu khusus yang ada di dalam cobek.

 

Bumbu rujak tersebut di antaranya cabe rawit setan, terasi, gula aren, gula pasir, garam, dan asam Jawa. Selain itu, cara mengkonsumsinya adalah dengan menggigit sekaligus menyeruput kuah yang ada di dalam mentimun. Sluuurrp!

 

 
 
Sumber: okezone

6 Makanan Khas Madura, Cita Rasa Pedas Gurihnya Nagih!

6 Makanan Khas Madura, Cita Rasa Pedas Gurihnya Nagih!

6 Makanan Khas Madura, Cita Rasa Pedas Gurihnya Nagih!

6 Makanan Khas Madura, Cita Rasa Pedas Gurihnya Nagih!

6 Makanan Khas Madura, Cita Rasa Pedas Gurihnya Nagih!

Last Update

Latest Review

Review of Kedai KoKoHo Sunter

Posted by Lulu M.
on 09 Mar 2021
GA REKOMEN
Jelek bgt attitude waitresnya, udah lama, pesen last minutes masih diterima, tapi lama lel...