6 Sayuran yang Bagus untuk Pemulihan Usai Terinfeksi Covid-19

Thu, 27 May 2021 10:00
172
6 Sayuran yang Bagus untuk Pemulihan Usai Terinfeksi Covid-19

TUBUH harus mendapat asupan bernutrisi usai sembuh dari covid-19. Ini untuk membuat proses pemulihan menjadi lebih cepat dan badan kembali bugar. Sayuran adalah salah satu asupan yang bisa memberikannya untuk tubuh.

 

Covid-19 sendiri memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan fungsi organ lain secara signifikan. Oleh karena itu, banyak orang mengeluh kelemahan, kelelahan, dan ketegangan mental sepanjang waktu pasca-pemulihan dari terinfeksi covid-19.

 

Guna meningkatkan sistem kekebalan, mengisi kembali nutrisi yang hilang, dan memperbaiki stamina, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Sayuran merupakan sumber nutrisi yang kaya akan vitamin serta mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Jika Anda sedang memulihkan diri dari covid-19, sertakan sayuran ini dalam menu makanan, sebagaimana direkomendasikan ahli gizi dan diet asal India Shweta Gupta, dikutip dari laman Pinkvilla, Selasa (25/5/2021).

 

Bayam.

 

1. Bayam

 

Dikemas dengan nutrisi luar biasa seperti vitamin A, B, C, E, K, kalsium, zat besi, dan beta-karotenoid, bayam adalah salah satu sayuran tersehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, sayuran berdaun hijau mengandung zat besi, folat, lutein, dan Omega-3. Mengonsumsi bayam dapat membantu membangun otot serta mendapatkan kembali energi yang hilang.

 

2. Jahe

 

Manfaat jahe sebagai antispasmodik, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-virus menjadikannya sebagai penguat kekebalan tubuh yang paling utama.

 

Diperkaya dengan antioksidan, jahe membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dan mengobati penyakit menular. Anda bisa memasukkan jahe mentah, atau memasukkannya ke dalam teh, atau minuman lainnya.

 

3. Brokoli

 

Brokoli adalah pembangkit tenaga penuh nutrisi yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Kaya vitamin C, beta-karoten, seng, magnesium, kalium, dan glutathione, brokoli membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

 

Anda bisa menikmati sayuran hijau mentah ini atau memasukkannya ke sup atau makanan. Meski rasanya pahit, brokoli benar-benar memiliki efek luar biasa jika mengonsumsinya secara rutin.

 

4. Kacang panjang

 

Makan lebih banyak kacang panjang baik mentah atau dimasak untuk meningkatkan asupan zat besi, mineral penting yang membentuk sebagian besar hemoglobin.

 

Konsumsi zat besi dapat mendukung metabolisme dan membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel energi, sehingga tubuh tetap aktif dan sehat.

 

Selain itu sayuran hijau juga kaya akan vitamin K, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya jadi pastikan untuk menambahkan kacang-kacangan ke dalam menu makanan.

 

Paprika.

 

5. Paprika

 

Sayuran berbentuk lonceng warna-warni ini mengandung lebih banyak antioksidan daripada buah jeruk yang membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk makanan.

Paprika yang renyah dan menyenangkan secara estetika tersebut juga mengandung konsentrasi tinggi karoten, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, dan kalium, jadi sertakan dalam makanan Anda untuk pemulihan lebih cepat.

 

6. Kedelai

 

Protein nabati kaya akan isoflavon modulator kekebalan dan agen anti-inflamasi yang membuatnya sempurna untuk meningkatkan kesehatan usus.

Konsumsilah kedelai membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan cara meningkatkan kadar kolesterol darah dalam tubuh. Makanlah sayuran berwarna sebanyak mungkin, minum banyak air, dan olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan yang optimal.

 

 

Sumber: okezone

6 Sayuran yang Bagus untuk Pemulihan Usai Terinfeksi Covid-19

6 Sayuran yang Bagus untuk Pemulihan Usai Terinfeksi Covid-19

6 Sayuran yang Bagus untuk Pemulihan Usai Terinfeksi Covid-19

6 Sayuran yang Bagus untuk Pemulihan Usai Terinfeksi Covid-19

6 Sayuran yang Bagus untuk Pemulihan Usai Terinfeksi Covid-19

Last Update

Latest Review

Review of Wilda Watch

Posted by iin p.
on 15 Feb 2021
langganan saya dari dulu
sebagai pemilik akun love indonesia, saya mau mereview toko ini. wah toko ini sih legenda ...