6 Tempat Wisata Kuliner di Bogor Ini Wajib Kamu Kunjungi, Recomended Banget!

Tue, 19 Mar 2019 10:00
871
6 Tempat Wisata Kuliner di Bogor Ini Wajib Kamu Kunjungi, Recomended Banget!

Bogor selain menawarkan berbagai objek wisata menarik khas pegunungan. Kota Hujan ini juga menyimpan segudang kuliner unik yang menjadi ciri khas bagi Bogor. Bukan hanya terkenal dengan Kebun Raya Bogor tapi banyak pilihan destinasi wisata kuliner.

 

Tak heran banyak wisatawan yang melancong ke Bogor, selalu menyempatkan diri memburu berbagai kuliner ini untuk dijadikan oleh-oleh. Ragam kuliner di Bogor memang mengundang mata dan lidah.

 

Terdapat banyak makanan lezat yang bisa kamu cicipi di kota ini. Mulai dari jajanan kaki lima hingga rumah makan sekelas resto atau kafe menyajikan berbagai makanan lezat bagi para pecinta kuliner.

 

Kamu tidak perlu merasa bingung lagi jika pergi ke kota hujan, beberapa tempat ini menyajikan berbagai jenis makanan yang dapat menggoyang selera.

 

Inovasi kuliner nan menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ke Kota Bogor. Nah, bagi kamu yang ingin mencari tau tempat wisata kuliner di Bogor, Berikut Liputan6.com rangkum tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib kamu datangi, Jumat (15/3/2019).

 

1. Doclang Mak Icoh

 

Tempat wisata kuliner di Bogor yang pertama adalah Doclang Mak Icoh. Jika di Jakarta ada Ketoprak, maka di Bogor ada kuliner yang bernama Doclang. Meski serupa, namun Doclang memiliki ciri khas tersendiri jika dilihat dari bungkusnya.

 

Doclang dibungkus menggunakan daun Patat merupakan daun yang tumbuh di lereng Gunung Salak. Daun ini telah lama oleh masyarakat Bogor dijadikan sebagai pembungkus makanan karena memiliki tekstur yang halus dan elastis.

 

Umumnya, satu porsi doclang terdiri dari irisan tahu goreng, kentang goreng, telur rebus, dan pesor, lalu disajikan dengan bumbu kacang, kecap, dan kerupuk.

 

Bagi kamu yang ingin mencoba doclang ini, kamu bisa langsung datang ke Jalan Mantarena Jembatan Merah dan carilah doclang bernama Doclang Mak Icoh. Mantap!

 

2. Asinan Bogor Gedung Dalam

 

Asinan Bogor dibagi menjadi tiga varian, yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan yang memaduakan antara buah dan sayur. Buah yang menjadi bahan dalam asinan Bogor adalah buah-buahan tropis, seperti benguang, kendondong, jambu, nanas, dan mentimun.

 

Sementara sayuran yang digunakan antara lain tauge dan kol.

 

Asinan Bogor memiliki citarasa segar dan pedas, rasa pedas asinan Bogor didapat dari saripati cabai yang diolah bersama asam dan gula pasir.

 

Dibanderol dengan harga yang terjangkau, asinan Bogor kerap menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bogor.

 

Nah, salah satu rekomendasi asinan Bogor yang segar adalah Asinan Bogor Gedung Dalam. Gedung yang berada di Jalan Siliwangi No 27, Bogor Timur ini mulai dikenal sebagai pusat jajan asinan.

 

3. Soto Kuning Pak Yusup

 

Siapa yang tidak kenal dengan ketenaran soto berkuah kuning yang satu ini? Selain lezat, soto ini memiliki ciri khas yang unik dari kuahnya yang kuning, yang berasal dari bumbu kunyit dan rempah-rempah lainnya.

 

Ada empat varian yang ditawarkan Soto Kuning, yang soto yang berisikan limpa, daging, ayam, dan babat.

 

Yang menarik, kaldu yang digunakan untuk memasak bahan dasar soto ini akan dijadikan kuah kuning sehingga rasa soto benar-benar terasa asli. Rekomendasi soto kuning yang enak di Kota Bogor adalah Soto Kuning Pak Yusup yang beralamat di Jalan Surya Kencana No 103. Wajib kamu coba!

 

4. Bir Kotjok Abah Acep

 

Tempat wisata kuliner di bogor yang keempat adalah Bir Kotjok Abah Acep. Meskipun namanya bir, minuman tradisional ini tidak mengandung alkohol. Kamu juga tidak perlu khawatir karena minuman ini tidak memabukkan.

 

Resep andalan bir ini terdiri dari jahe, kayu manis, cengkeh, gula pasir, dan aren. Jahe yang digunakannya hanya jahe merah. Khasiat jahe merah sangat baik bagi kesehatan, terutama bermanfaat untuk sirkulasi darah.

 

Terik panas menyengat pasti membuat siapa saja ingin menikmati minuman dinigin. Kamu juga bisa memesan bir kotjok yang disajikan dengan es batu. Penyajian bir akan tetap terasa hangat di tenggorokan.

 

Bir Kotjok yang popular adalah Bir Kotjok Abah Acep yang beralamat di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor.

 

5. Toge Goreng Ibu Hj. Omah

 

Bisa dibilang kalau Toge Goreng ini pamornya sudah hampir menurun karena makin menjamurnya berbagai menu kekinian di Kota Hujan. Walau begitu, kamu wajib memasukkan kuliner legendaris Bogor ini ke daftar incaran saat libur ke sana.

 

Toge goreng dibuat dari tumisan kecambah, potongan tahu, ketupat atau lontong, serta mi kuning yang kemudian disiram dengan saus yang terbuat dari oncom.

 

Makanan bercita rasa gurih ini cocok dinikmati oleh kamu yang sedang menjalani program diet karena rendah lemak dan karya protein. Toge goreng yang paling direkomendasikan adalah Toge Goreng Ibu Hj. Omah yang beralamat di Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor.

 

6.  Makaroni Panggang (mp)

 

Meski kuliner ini bukan asli dari Bogor, namun nama Makaroni Panggang selalu melekat sebagai buah tangan bagi orang-orang yang berkunjung ke Bogor. Disajikan dalam berbagai ukuran, makaroni panggang sangat pas disantap bersama teman dan keluarga tercinta.

 

Potongan daging yang dibungkus rebusan makaroni ditambah taburan keju dan campuran rempah lainnya membuat kuliner ‘barat’ ini begitu cocok di lidah orang Indonesia.

 

Salah satu macaroni panggang yang terkenal adalah makaroni panggang (mp) yang beralamat di Jl. Salak No.24, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

 

6 Tempat Wisata Kuliner di Bogor Ini Wajib Kamu Kunjungi, Recomended Banget!

6 Tempat Wisata Kuliner di Bogor Ini Wajib Kamu Kunjungi, Recomended Banget!

6 Tempat Wisata Kuliner di Bogor Ini Wajib Kamu Kunjungi, Recomended Banget!

6 Tempat Wisata Kuliner di Bogor Ini Wajib Kamu Kunjungi, Recomended Banget!

6 Tempat Wisata Kuliner di Bogor Ini Wajib Kamu Kunjungi, Recomended Banget!

Ilustrasi makaroni Sumber Istockphoto
asinan (Shutterstock).com

Last Update

Latest Review

Review of D'Stupid Baker

Posted by
on 13 Sep 2019
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak banget
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak bangetsangat berharap D' s***** buka l...