7 Tips Menghadapi Interview untuk Fresh Graduate

Wed, 12 Feb 2020 00:00
307
7 Tips Menghadapi Interview untuk Fresh Graduate

Sebagai Fresh Graduate pasti ada beberapa diantara kalian yangin mencari kerja. Saat mengajukan surat lamar di banyak perusahaan pasti kamu mengharapkan untuk pdi panggil dalam proses interview. Namun saat panggilan interview itu datang sudahkan kalian siap? rasa gugup dan grogi itu sebuah hal yang ajar apalagi jika itu adalah pertama kalinya menjalani interview.

Tidak perlu khawatir berlebihan, kamu cukup mempersiapkan diri agar tampir maksimal saat interview. Berikut ini adalah 7 Tips Menghadapi Interview untuk Fresh Graduate yang mungkin bisa membantu kamu dalam menyiapkan diri menghadapi interview


Pelajari perusahaan
(Sumber:Digination.ID)

Siapa sihh yang gak senang kalo dapat panggilan kerja apalagi dengan status yang masih Fresh Graduate. Tapi jangan terlalu senang dulu nih, sebelum kamu datang untuk memenuhi panggilan interview ada banyak yang harus kamu cari tau mengenai perusahaan yang akan kamu datangi.

Bukan hanya alamat atau informasi umum tentang perusahaan tetapi kamu harus mengetauhi detail tentang peusahaan termasuk visi misi perusahaan, agar kamu tau apakah skill kamu sesuai dengan perusahaan tersebut. Kamu dapat memperoleh informasi-informasi tersebut melalu situs resmi perusahaan ataupun media onlin maupun sosial media.

Penampilan Menarik
(Sumber:Pinterest)

Penampilan memang hal yang perlu kamu perhatikan bila ingin datang dalam sebuah interview, karena jika kamu ingin sesuatu yang baik datang maka kamu juga perlu melakukan hal yang terbaik termasuk penampilan.

Perhatikan penampilan kamu saat sudah memasuki kantor sempatkan kekamar mandi untuk memperhatikan penampilanmu, seperti pakaian, sepatu, dan rambut jangan sampai kotor dan berantakan dan jangan lupa memakai parfum untuk menyamarkan bau keringat. Selain pakaian, kamu juga harus terlihat ramah dan jangan lupa tersenyum tapi jangn terlalu over ya, hehe :)

Baca juga 3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD


Kontak Mata

(Sumber:qerja.com)

Saat interview sudah dimulai, kontak mata perlu kamu perhatikan jangan sampai mata kamu melihat kearah lain saat di ajak bicara. Tatap mata lawan bicara kamu, karana tatapan mata yang fokus memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang percaya diri tapi jangan menatap dengan memberi kesan angkuh atau sombong ya.

Jika kamu mengalihkan pandangan mu saat sedang berbicara, maka kamu akan memberikan kesan bahwa kamu sedang mengarang sesuatu atau akan dianggap berbohong oleh lawan bicara. Itu akan memperkecil kesampatan kamu untuk lolos interview.

Mengenal Diri sendiri
(Sumber:fai.um-surabaya.ac.id)

Pertanyaan umum yang sering ditanyakan saat interview adalah kamu diminta untuk menjelaskan tentang latar belakang mu, pertanyaan ini diberikan agar perusahaan lebih mengenal siapa yang akan menjadi calon karyawan.

kamu harus menjelaskan secara singkat dan jelas dan hindari penjelasan yang berputar-putar sehingga membuat interviewer mengira kalo kamu berbohong. Jelaskan tentang diri kamu secara percaya diri meliputi latar belakang pendidikan, kelebihan dan kekurangan mu. Dan ingat untuk selalu melakukan kontak mata saat berbicara.

Berikan Jawaban dan Alasan yang Tepat
(Sumber:Tribun.com)

Pertanyaan ke dua yang sering di tanyakan adalah alsasan kenapa kamu mengajukan melamaran di perusahaan tersebut. Pertanyaan ini bertujuan agar perusahaan mengetahuai apakah jawaban mu sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Berikan Alasan dan penjelasan singkat dan hindari kata2 yang terlalu over dalam memuji perusahaan dengan tujuan ingin di perhatikan. Jika kamu melakukan hal fatal itu kemungkinan besar kamu gak akan lolos interview. Hati-hati dalam menjawab pertanyaan ya karena satu kata saja dapat berpengaruh terhadap penilaian.

Jelaskan Kelebihan yang Dimiliki
(Sumber:Ekrut.com)

Gugup saat menjali interview adalah hal wajar dengan status yang masih Fresh Graduate, dan kamu masih merasa bingung untuk menjelaskan tentang kelebihan dirimu.

Oleh karena itu mengenal diri sendiri dan posisi yang kita lamar itu perlu untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan ini. Jawab lah pertanyaan dengan singkat dan jelas tentang kelebihan mu yang sesuai dengan posisi yang dilamar, agar perusaan tertarik dan merasa rugi jika melewatkan orang sepertimu

Dan ingat ya jangan melebih-lebihkan skill yang kamu punya karena itu akan merugikan mu.

Jelaskan Kekurangan dan Cara Menghadapinya
(jobhuntingcenter.com)

Jika ada kelebihan maka pasti ada juga kekurangan, untuk kamu yang bingung dengan pertanyaan ini, pertanyaan ini cukup mudah kok karena kamu hanya cukup jujur.

Jelaskan tentang kekurangan atau kelemahan kamu secara jujur dan dengan penjelasan yang positif. Selain menjelaskan kekurangan mu, kamu juga harus memberikan penjelasan tentang bagaimana cara kamu untuk menghadapi kekurangan tersebut.

Semua orang mempunya kekurangan dan kelebihan jadi tidak perlu berbohon dan melebih-lebih karena itu hanya mengurangi penilaian terhadap hasil interview.


Yang terpenting dalam interview adalah kesiapan mental, berusahalah rileks dan tenang agar bisa memberikan peforma terbaik dan jalani dengan penuh semangat. Walau ini adalah pengalaman pertama kamu harus memberikan versi terbaik dari diri kamu, sehingga jika kamu gagal setidaknya kamu sudah melakukan hal yang terbaik.

7 Tips Menghadapi Interview untuk Fresh Graduate

7 Tips Menghadapi Interview untuk Fresh Graduate

7 Tips Menghadapi Interview untuk Fresh Graduate

7 Tips Menghadapi Interview untuk Fresh Graduate

7 Tips Menghadapi Interview untuk Fresh Graduate

Last Update

Latest Review

Review of D'Stupid Baker

Posted by
on 13 Sep 2019
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak banget
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak bangetsangat berharap D' s***** buka l...