Apa Bedanya Blue Matcha dan Green Matcha?

Wed, 10 Jan 2018 10:00
756
Apa Bedanya Blue Matcha dan Green Matcha?

BEBERAPA waktu terakhir matcha atau bubuk teh hijau yang berasal dari Jepang menjadi tren tersendiri dari masyarakat. Beragam olahan makanan dan minuman pun dikreasikan menggunakan bubuk yang bercita rasa pahit itu untuk menarik minat konsumen. Kini terdapat tren baru di media sosial yaitu blue matcha.

 

Melansir Health, Senin (8/1/2018), kreasi bubuk berwarna biru itu mulai bermunculan di Instagram. Hal ini ditunjukkan dengan adanya akun @matcha.blue dan sejumlah orang yang mengunggah foto kreasinya. Ada yang memunculkan foto teh, jus, dan mangkuk smoothie. Foto-foto berikut ini, memperlihatkan kreasi blue matcha yang menggiurkan.

 

Ada puding yang terbuat dari matcha biru dan dikombinasikan dengan Chia seeds, pisang, anggur, dan susu. Kemudian ada pula teh berwarna nila atau biru keunguan. Kreasi yang tak kalah unik adalah semangkuk smoothie matcha biru yang di atasnya ditaburi berbagai irisan buah seperti stroberi, kiwi, dan blueberry. Bahkan ada yang menaburi coklat dan kacang almond.

 

Lantas, apa perbedaan blue matcha dan green matcha?

 

Menurut seorang ahli nutrisi, Cynthia Sass, MPH, RD, kedua bubuk tersebut sebenarnya hampir sama. “Matcha berwarna biru itu memang cantik. Tapi perlu diketahui bahwa kedua bubuknya berasal dari tanaman yang sama sekali berbeda,” jelas Cynthia.

 

Bila matcha hijau berasal dari daun teh, matcha biru berasal dari kembang telang yang dikeringkan. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan tanaman tersebut. Ya, kembang telang memang mudah ditemukan di sekitar pekarangan rumah. Selain itu, masyarakat sering memanfaatkannya sebagai obat penyakit mata.

 

Dijelaskan oleh Cynthia, meskipun berasal dari tanaman bubuk matcha biru tidak memiliki antioksidan dan kafein seperti matcha hijau. Sekadar informasi, matcha hijau terbukti mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah penuaan, membantu regulasi gula darah, dan mengurangi tekanan darah. Selain itu, kandungan kafein pada matcha hijau dapat menghasilkan l-theanine yang meningkatkan relaksasi tanpa rasa kantuk.

 

Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak diperkenankan mengonsumsi matcha biru. Sebab penelitian terhadap hewan menunjukkan matcha biru bisa membantu meningkatkan daya ingat dan mengurangi stres. Terlebih kreasi matcha biru memang mampu mengundang keinginan untuk mencicipi.

 

Sumber: okezone

Blue matcha (Foto Healthmagazine)
Blue matcha (Foto Healthmagazine)_1
Blue matcha (Foto Healthmagazine)_2

Latest Review

Review of De Wasz Laundry

Posted by ram n.
on 08 Nov 2018
Worst Work Done in Here
Just Worst and Disgusting.They only waste our time and make our baju more dirty.And they d...

Top Reviewer

Last reviewed Radisson Medan
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...