Bentuk Bertingkat Air Terjun Tiu Kelep Jadi Lokasi Persinggahan Pendaki Gunung Rinjani

Tue, 27 Feb 2018 10:00
663
Bentuk Bertingkat Air Terjun Tiu Kelep Jadi Lokasi Persinggahan Pendaki Gunung Rinjani

LOMBOK tidak hanya memiliki pantai dan desa wisata saja, tapi juga ada air terjun yang pesonanya sulit dilupakan. Tidak seperti air terjun pada umumnya, air terjun Tiu Kelep memiliki bentuk yang cukup unik dan membuat siapapun yang melihatnya spontan berteriak, “Wow!”.

 

Ya, pesona air terjun Tiu Kelep berbeda dari air terjun kebanyakan karena memiliki undakan atau bertingkat. Air terjun yang tingkatnya lebih rendah berjajar pancuran yang melebar hingga tampak seperti cekungan dan airnya memancur lurus ke bawah. Sementara, air terjun yang tingkatnya lebih tinggi, pancuran airnya agak miring, jadi tampak tidak bercampur dengan pancuran air yang ada di bawahnya.

 

Berada di sebelah utara di kaki Gunung Rinjani, air terjun Tiu Kelep alirannya akan menjadi satu dengan air terjun lainnya yang berada disatu kawasan sama, yaitu air terjun Sendang Gile. Dikumpulkan oleh Okezone dari berbagai sumber, kabarnya hembusan kabut yang dihasilkan oleh suhu rendah sekitar air terjun memenuhi lembah, dan hawa sejuknya akan terasa ketika traveler berada di dekat pancuran.

 

Letaknya yang dilalui para pendaki ini, membuat air terjun Tiu Kelep kerap jadi lokasi persinggahan, dan airnya digunakan para pendaki untuk mengisi perbekalan air. Anda yang bukan pendaki tapi ingin menjamah alam sekitar air terjun masih bisa mengunjunginya, tapi harus menyiapkan kondisi fisik yang prima terlebih dahulu.

 

Air terjun yang memiliki ketinggian sekira 42 meter ini, berada sejauh 2,5 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram. Selain itu, tantangan lainnya, para traveler harus meniti langkah melewati anak tangga yang sudah disediakan, lalu menyusuri jalur setapak, kemudian kembali meniti anak tangga untuk melewati jembatan. Saat melakukan perjalanan ke air terjun, Anda akan merasa seperti sedang di tengah hutan, karena sungai yang harus disebrangi berada di antara rimbunnya pepohonan.

Tapi, jangan dulu menyerah, karena setibanya di air terjun yang ada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara tersebut, rasa lelah Anda langsung sirna seketika, dan berganti dengan rasa puas. Kepopuleran air terjun yang di kelilingi tanaman hijau ini sungguh mampu menyihir mata dan memanjakannya.

 

Sumber: Liputan6.com

Air terjun Tiu Kelep (Foto Istimewa)
(Foto Instagram Indotravellers)
(Foto Instagram Indotravellers)

Latest Review

Review of De Wasz Laundry

Posted by ram n.
on 08 Nov 2018
Worst Work Done in Here
Just Worst and Disgusting.They only waste our time and make our baju more dirty.And they d...

Top Reviewer

Last reviewed Radisson Medan
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...