Bikin Ngakak! Jajanan Tradisional Ini Namanya Jorok dan Mesum

Mon, 30 Apr 2018 10:00
892
Bikin Ngakak! Jajanan Tradisional Ini Namanya Jorok dan Mesum

JAJANAN tradisional atau yang bernuansa budaya klasik kini tengah menjadi incaran. Sebagai alternatif dari jajanan kekinian dan viral, jajanan tradisional seakan menyusup, dan menyita perhatian generasi milenial secara perlahan.

 

Selain rasanya yang khas dan nikmat, karena tidak ditemukan dalam panganan lainnya, beberapa jajanan tradisional ternyata ada yang memiliki nama vulgar, jorok, dan nyeleneh. Mau tahu apa saja jajanannya?

 

1. Tolpit (K*nt*l Kejepit) alias Adrem

Mungkin karena bentuknya seperti penis pria terjepit, maka kue adrem khas Bantul, Yogyakarta, jadi dijuluki pula dengan nama kue tolpit, kepanjangan dari k*nt*l kejepit. Nyeleneh memang, tapi kue adrem yang terbuat dari tepung beras dan gula Jawa ini enak untuk disantap, ditemani secangkir kopi atau teh hangat.

 

2. Tai kucing

Ew! Mendengarnya saja sudah mual. Eits, tapi kue yang satu ini tidak memiliki bau layaknya tahi kucing, lho! Melainkan hanya bentuknya saja yang persis tahi kucing. Tapi, setelah kamu mencoba dijamin ketagihan, karena rasanya gurih dan manis.

 

3. Kerupuk upil alias kerupuk pasir

Kalau jajanan khas Mojokerto ini tentu rasanya asin dan gurih, makanya disebut kerupuk upil. Kerupuk yang asin mirip rasa upil tersebut diolah bukan dengan digoreng, tapi disangrai menggunakan pasir.

 

4. Kue tete alias kue ape

Bentuknya yang bulat, melebar, dan ada bagian tengah kue menyembul ke atas, membuat kue khas Betawi, Jakarta, yang memiliki nama asli kue ape ini disebut kue tete. Meskipun tidak mengeluarkan air susu, tapi rasa kue ape enak, lho! Biasanya kue ape dijajakan oleh pedagang keliling kampung menggunakan gerobak, tapi ada juga yang menjualnya di pasar tradisional.

 

5. Dawet ireng jemb*t kecabut

Jangan jijik dulu mendengarnya, karena saat si dawet jemb*t kecabut menjamah rongga mulut dan kerongkongan di tengah terik siang hari, kamu tidak akan bisa menolak kesegarannya. Alasan dawet ireng khas Purworejo tersebut dinamakan vulgar seperti itu, karena es tradisional itu dijajakan di Jembatan Butuh, Kecataman Butuh, Purworejo, yang kalau disingkat jadi JemB*t KecaBut, nah paham kan?

 

Sumber: Okezone

Kue tolpit (Foto asterasa Instagram)
Tai Kucing (Foto alfinsintadewiI nstagram)
3. Kerupuk upil alias kerupuk pasir
Kue tete alias kue ape
Kue tete alias kue ape

Latest Review

Review of Asean International Hotel Medan

Posted by
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Top Reviewer

on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...