Dari Sate Biawak hingga Tokek Goreng, Ini 5 Makanan Ekstrem yang Dipercaya Menyehatkan

Mon, 10 Sep 2018 10:00
434
Dari Sate Biawak hingga Tokek Goreng, Ini 5 Makanan Ekstrem yang Dipercaya Menyehatkan

SELAIN keindahan alam, kuliner menjadi salah satu daya tarik Indonesia di mata wisatawan. Beberapa di antara mereka bahkan rela blusukan ke pelosok-pelosok daerah, hanya untuk memburu makanan unik dan ekstrem.

 

Jangan salah, dibalik tampilannya yang mengerikan, beberapa jenis makanan ekstrem ternyata memiliki manfaat kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit kronis. Seperti apa bentuknya? Berikut ini adalah 5 makanan ekstrem khas Indonesia yang paling diburu karena menyehatkan. Sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Kamis (6/9/2018).

 

Ulat sagu

 

Mendengar namanya saja mungkin sudah bikin bulu kuduk merinding. Tapi siapa sangka, ulat sagu menjadi salah satu makanan favorit warga Papua. Sesuai dengan namanya, makanan diambil langsung dari pohon sagu di tengah hutan. Menurut warga setempat, ulat sagu dipercaya ampuh membangkitkan stamina karena kaya protein. Cara makannya? Jangan ditanya lagi. Warga Papua sering menyantap ulat sagu dalam keadaan hidup. Namun ada juga yang menumisnya dengan mencampurkan sayuran segar.

 

Tokek goreng

 

Selain ulat sagu, makanan ekstrem lainnya yang banyak dicari orang adalah tokek. Konon katanya, mengonsumsi tokek secara rutin dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti, penyakit kulit, asma, serta meningkatkan stamina kaum pria. Bahkan, salah seorang professor dari University of China, Wang, mengklaim bahwa tokek dapat menjinakkan tumor ganas. Di Indonesia sendiri, tokek biasanya diolah dengan cara digoreng dan dapat ditemui di beberapa daerah di Pulau Jawa.

 

Sate biawak

 

Sudah bosan makan sate kambing, sapi, atau ayam? Jangan khawatir, Indonesia masih punya sajian sate unik lainnya, seperti olahan sate yang satu ini. Sama seperti sate pada umumnya, sate biawak diolah dengan cara memotong daging biawak hingga berukuran kecil, lalu dimasak diatas bara api dengan campuran bumbu pelengkap. Untuk memperlezat cita rasanya, sate biawak juga disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, cabai, dan tomat. Meski tergolong makanan ekstrem, sate biawak ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Kabarnya, daging biawak ampuh menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, kutu air, kulit pecah-pecah, serta alergi. Berani coba?

 

Kelelawar goreng

 

Berbicara soal makanan ekstrem, belum lengkap rasanya jika belum membahas kuliner khas Manado. Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara ini memang dikenal sebagai surganya kuliner ekstrem. Salah satunya adalah menu kelelawar (paniki) goreng bumbu kecap sambal pedas. Makanan ini diolah dengan teknik yang sangat unik, kedua sayap kelelawar harus dipisahkan terlebih dahulu dari badannya, kemudian dikuliti hingga kulitnya terlepas dengan sempurna. Setelah itu, daging kelelawar akan direbus dengan bumbu jahe dan laos untuk menghilangkan aroma amisnya. Selain menyuguhkan sensasi rasa gurih, makanan ini juga dipercaya dapat menyembuhkan asma, alergi, hingga menjaga stamina pria dan wanita.

 

Botok tawon

 

Terakhir ada sajian botok tawon khas Banyuwangi, Jawa Timur. Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan bahan yang digunakan untuk membuat hidangan tersebut. Makanan ini menggunakan sarang tawon atau lebah sebagai bahan dasarnya. Botok tawon menyuguhkan rasa yang unik, tergantung teknik pengolahan yang dipilih. Ada yang menyuguhkannya dengan sensasi rasa manis, pedas, atau asam segar. Makanan ini begitu digemari karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat sebagai antioksidan. Kandungan itu disebut-sebut sebagai antibiotik alami yang dapat membantu melawan berbagai penyakit, termasuk kanker.

 

Sumber: Okezone

Tokek goreng Foto @pasarkulinernusantara Instagram
Foto @truongminhhieu1111 Instagram
Sate Biawak  Foto  @lisaholic Instagram
Kelelawar Goreng Foto @kuliner_with_mark Instagram
Botok Tawon Foto @novdwin instagram

Latest Review

Review of The People's Cafe

Posted by jinpirjin
on 25 Aug 2018
Tempat nongkrong paling hits di Jkt
Hunting kuliner????????Sambil nunggu cewek2 rempong keliling Mall Grand Indonesia, gw dan ...

Top Reviewer

Last reviewed Radisson Medan
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...