Deretan Pulau Pasang Surut Terkenal di Dunia dan Pulau Unik di Indonesia

Wed, 04 Jul 2018 10:00
640
Deretan Pulau Pasang Surut Terkenal di Dunia dan Pulau Unik di Indonesia

Pernah mendengar istilah pulau pasang surut? Pulau pasang surut pada dasarnya merupakan pulau yang bersatu dengan pulau utama namun akan terpisah dengan daratan utama karena air laut.

Pulau akan terpisah apabila terjadi pasang dan kembali menyatu dengan pulau utama jika air surut. Berikut 9 pulau pasang surut terkenal di dunia.

 

Jindo dan Modo Korea Utara

 

Jindo dan Modo adalah dua pulau di barat daya Korea Utara. Dua kali selama setahun, sebuah jalan secara alami akan terbuka dan menghubungkan kedua pulau tersebut selama satu jam. Jalan ini panjangnya sekitar 3 kilometer, lebar 40 meter. Biasanya ada festival untuk merayakan keunikan pulau ini tiap tahunnya

 

Eilean Donan Skotlandia

 

Eilean Donan adalah sebuah pulau pasang surut kecil di Loch Duich bagian barat daratan tinggi Skotlandia. Pulau ini terhubung dengan pulau utama jika air sedang surut dan pengunjung bisa merasakan sensasi berjalan di atas pasir laut selama setengah mil dari Kota Dornie. Selain karena pengalaman “menyebarang” laut dengan kaki, di pulau ini kita juga bisa melihat kastil peninggalan abad pertengahan yang indah. Kastil ini pernah digunakan syuting film Highlander dan The World Isn’t Enough.

 

Sveti Stefan Montenegro

 

Sveti Stefan adalah tempat peristirahatan di pantai bagian barat di Budva Riviera, Montenegro. Pada abad ke-15, pulau pasang surut ini merupakan sebuah pedesaan nelayan. Di tahun 1950an warga asli yang terakhir tinggal di pulau ini digusur dan Sveti Stefan berubah menjadi kota dengan hotel mewah dan eksklusif.

 

Lindisfarne Inggris

 

Lindisfarne terletak di garis pantai timur laut Inggris, juga disebut dengan Holy Isle. Sebuah kastil kecil yang dibangun sekitar abad ke-16 berdiri di pulau ini. Para pengunjung disarankan tetap memperhatikan sejumlah hal antara lain tetap berjalan di tempat yang sudah disediakan, memperhatikan waktu pasang surut dan cuaca secara hati-hati serta jangan ragu untuk meminta nasihat para penduduk lokal saat melakukan perjalanan di pulau ini

 

Ko Nang Yuan Thailand

 

Ko Nang Yuan adalah suatu pulau kecil di timur laut garis pantai Ko Tao, Thailand. Pulau indah ini tercipta dengan tiga batuan besar terpisah membentuk suatu pulau yang dihubungkan dengan jalan berpasir putih. Saat air pasang, jalan berpasir ini hilang dimana terlihat pulau tersebut berpisah dan membuat sepertinya terdapat tiga pulau berdiri sendiri. Hanya sepuluh meter dari garis pantai terdapat berbagai terumbu karang indah.

 

Mont Saint-Michel Prancis

 

Mont Saint Michel adalah sebuah pulau kecil di garis pantai Normandia wilayah utara Prancis. Pulau ini dikenal dengan Biara Norman Benediktin yang spektakuler dan tetap terpelihara keasliannya hingga saat ini. Di atas puncak pulau berbatu ini dikelilingi jalan berliku dan struktur perkotaan ala abad pertengahan.

 

Enoshima Jepang

 

Enoshima adalah pulau pasang surut kecil dengan luas sekitar 4 kilometer dan terletak di dekat muara Sungai Katase, Jepang. Kota Fujisawa yang terletak di pulau ini terhubung dengan pulau utama dengan jembatan yang memiliki panjang enam ratus meter namun apabila air laut surut para pengunjung dapat berjalan kaki dari Pulau Enoshima menuju pulau utama. Letaknya yang tidak begitu jauh dari Tokyo menjadikan kawasan ini sebagai area resort terkenal di Jepang.

 

Kastil Tioram Skotlandia

 

Kastil Tioram merupakan sebuah benteng yang ditinggalkan dan terletak di suatu pulau pasang surut Eilean Tioram di Loch Moidart, Skotlandia. Pulau pasang surut Eilean Tioram menjadi salah satu tujuan kunjungan para turis di Skotlandia. Selain aksesnya semakin mudah apabila air surut, penampilan kuno struktur luar benteng yang batuannya berasal dari abad ke-13, membuat pulau ini menyuguhkan pemandangan indah.

 

 

Haji Ali Dargah India

 

Haji Ali Dargah adalah sebuah mesjid di sebuah pulau yang berada dekat bibir pantai Mumbai, India. Sebuah struktur bangunan nan indah dimana perpaduan India-Islam terlihat, di bagian kawasan masjid tersebut terdapat dargah, makam dari Sayed Peer Haji Ali Shah Bukhari. Haji Ali Dargah telah dibangun sejak 1431 oleh seorang pedagang muslim. Pulau kecil dimana masjid ini berdiri dapat dicapai melalui jalan kecil yang hanya terlihat apabila air surut.

 

Pulau Lumba-Lumba, Flores

 

Pulau berlokasi di Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki bentuk khas yaitu mirip dengan lumba-lumba. Bentuk pulau yang sangat indah ini mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara sehingga pulau ini menjadi salah satu pulau terunik di dunia. Jika dilihat dari atas langit, bentuk pulau ini sangat mirip dengan bentuk lumba-lumba.

 

Pulau Dea-Dea, Sulawesi Barat

 

Di pulau yang berlokasi di Sulawesi Barat ini dihuni oleh ratusan spesies jenis kucing. Di pulau yang ada di Kabupaten Polewali Mandar ini memang benar-benar dihuni oleh populasi kucing dan tidak ada satu manusia pun yang hidup di pulau ini.

 

Pulau Samosir, Sumatera Utara

 

Pulau Samosir adalah sebuah vulkanik di tengah Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara, dimana Danau Toba sendiri merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Itulah yang menjadikan pulau ini unik– pulau di dalam pulau.

 

Pulau Kumala, Kalimantan Timur

 

Pulau Kumala terletak di tengah Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Pulau ini merupakan pulau taman hiburan. Ada banyak wahana seperti coaster jet, putaran komedi, langit tower, cable car, serta atraksi lainnya. Bahkan ada rencana untuk menambahkan sebuah bandara kecil di pulau.

 

Pulau Maratua Kakaban, Kalimantan Timur

 

Salah satu hal unik Pulau Maratua adalah memiliki pantai dalam dan pantai luar yang menjadi satu dalam area pulau. Pulau ini merupakan pulau di wilayah terluar Indonesia dan menjadi titik tumpu area Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) laut Indonesia.

 

Pulau Bungin, Sumbawa

 

Keunikan pulau ini yakni merupakan pulau terpadat di dunia yang terletak di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tak tampak adanya pasir pantai yang membentang di sekeliling pulau ini. Kepadatan pulau ini bisa dirasakan begitu menyusuri jalan-jalan gang beton rabat yang lebarnya sekitar 1,25 meter.

 

Pulau Kemaro, Palembang

 

Pulau Kemaro berada di delta Sungai Musi, Palembang. Nama Pulau Kemaro (Kemarau) di berikan penduduk setempat karena delta ini selalu kering dan tidak pernah berair, bahkan ketika air pasang, seolah-olah seperti sebuah pulau terapung. Di pulau ini ada Pagoda dan kuil-kuil.

 

*catatan redaksi: semua foto diambil dari shutterstock

Jindo dan Modo Korea Utara
Eilean Donan Skotlandia
Sveti Stefan Montenegro
Lindisfarne Inggris
Ko Nang Yuan Thailand
Mont Saint Michel (Shutterstock)
Enoshima Jepang
Kastil Tioram Skotlandia
Haji Ali Dargah India
Pulau Samosir, Sumatera Utara
Pulau Maratua Kakaban, Kalimantan Timur
Pulau Kemaro, Palembang

Latest Review

Review of De Wasz Laundry

Posted by ram n.
on 08 Nov 2018
Worst Work Done in Here
Just Worst and Disgusting.They only waste our time and make our baju more dirty.And they d...

Top Reviewer

Last reviewed Radisson Medan
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...