Tinggi GWK Bali Akan Kalahkan Patung Liberty, Jadi Ikon Wisata Bertaraf Internasional!

Mon, 28 May 2018 10:00
1005
Tinggi GWK Bali Akan Kalahkan Patung Liberty, Jadi Ikon Wisata Bertaraf Internasional!

GARUDA Wisnu Kencana (GWK) menjadi salah satu maskot Bali saat Ini. Meski masih dalam proses pengerjaan, namun patung ini mulai mendunia. GWK sendiri diklaim akan menjadi monument tertinggi di dunia untuk kategori patung.

 

Belum lama ini, pemasangan mahkota patung sedang viral di media sosial. Pasalnya pemasangan mahkota tersebut diawali dengan upacara yang dipimpin oleh empat sulinggih (Pendeta Hindu). Mahkota Dewa Wisnu ini menjadi komponen ke-529 dari total 754 bagian patung.

 

I Nyoman Nuarta merupakan orang yang menggagas dibangunnya GWK. Ia menggandeng Menteri Pariwisata, pos dan Telekomunikasi Joob Ave. Proses pembangunan sendiri dilakukan di lahan seluas 250 hektare dan telah mulai dikerjakan sejak 1997.

 

Patung Dewa Wisnu yang mengendarai burung itu diklaim memiliki tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Tinggi patung tersebut akan bertambah karena diletakkan pada area taman wisata yang memiliki ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah. Jika benar, GWK kemungkinan bisa mengalahkan Patung Liberty yang menjadi maskot Amerika Serikat.

 

Sebagaimana diketahui, Patung Liberty yang terletak di muara Sungai Hudson, New York Harbor merupakan hadiah dari Prancis pada Amerika Serikat pada akhir abad ke-19. Patung tersebut memiliki tinggi 46 meter, namun jika diletakan pada singgasananya, patung tersebut mampu menjulang setinggi 93 meter dari atas tanah.

 

Tentunya ketinggian GWK jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Patung Liberty. Hal ini bertujuan supaya Indonesia memiliki ikon budaya dan wisata bertaraf internasional. Selain itu Dewa Wisnu melambangkan sosok penjaga alam semesta yang memiliki pengaruh besar bagi umat Hindu.

 

Patung superbesar ini sendiri sengaja dibangun ditempat yang sangat strategis. Patung ini diharapkan bisa dilihat pada beberapa tempat wisata terkenal seperti Pantai Sanur, Nusa dua, Kuta hingga Tanah Lot yang memiliki radius jarak hingga 20 kilometer. Tujuannya adalah untuk menarik para wisatawan menuju kompleks Taman Wisata Garuda Wisnu Kencana. Dikutip dari laman kemenpar.go.id.

 

Sumber: Okezone

Tinggi Garuda Wisnu Kencana akan lampaui Patung Liberty Foto @gwkbali Thumbnail
Foto @gwkbali Thumbnail

Latest Review

Review of De Wasz Laundry

Posted by ram n.
on 08 Nov 2018
Worst Work Done in Here
Just Worst and Disgusting.They only waste our time and make our baju more dirty.And they d...

Top Reviewer

Last reviewed Radisson Medan
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...