3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD

Mon, 10 Feb 2020 00:00
705
3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD

Tahukah kalian HRD perusahaan hanya memiliki waktu kurang dari 1 menit untuk melihat CV dan menentukan apakah CV kalian masuk untuk tahap selanjutnya ? dengan waktu yang singkat para job-seeker harus membuat CV terlihat menarik dari tampilan serta isinya. Nah, berikut 3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD

1. Desain



Hindari penggunaan desain CV yang berlebihan kecuali posisi yang akan dilamar sebagai desainer grafis ataupun posisi jenisnya. Buatlah desain CV kalian yang menarik namun tetap mudah untuk dibaca HRD untuk menunjukan diri kalian melalui tulisan.
Warna
Tentukan warna pada desain CV kalian dengan warna-warna netral atau membuat pembacanya nyaman melihat CV kalian. Cukup gunakan 2 atau 3 warna dalam CV, serta pilih warna yang senada dengan perusahaan yang kalian lamar, hal kecil ini setidaknya menjadi daya tarik tersendiri untuk job-seeker dilirik HRD.
Font
Gunakan font standar pada CV kalian, penggunaan font standar membuat HDR lebih mudah untuk membacanya. Tujuan utama dari penulisan CV adalah untuk menyampaikan informasi mengenai riwayat hidup maka gunakan font standar seperti Arial, Calibri, Cambria dan Times New Roman. Hindari penggunaan font yang berbeda beda dalam CV kalian.
Foto
Pasang foto kalian dengan pakaian formal, pakaian formal tidak selalu perpaduan antara blazer/jas serta dasi. Dengan kemeja saja serta penampilan yang rapih sudah cukup menarik perhatian HRD. Tentunya gunakan foto yang memperlihatkan senyum menarik kalian, hindari ekpresi muka yang tegang atau kaku. Jangan gunakan foto selfie karna dapat berdampak tidak seriusnya kalian melamar pekerjaan diperusahaan tersebut.
Simbol
penggunaan simbol pada CV memudahkan HRD untuk membacanya, serta dapat mempersingkat tulisan pada CV. Seperti menggunakan simbol untuk penulisan alamat, email, telepon atau simbol lainnya yang dapat mewakili atau memperjelas penulisan CV kalian.

Baca juga 7 Tips Menghadapi Interview untuk Fresh Graduate

2. Isi dalam Penulisan CV

(sumber:ohbulan.com)

Isi pada CV merupakan hal penting mengenai siapa diri kalian melalui tulisan, buatlah  isi sekuat mungkin dan fokus agar kalian layak untuk HRD terima menjadi karyawan barunya.  Isilah CV kalian dengan satu fokus diposisi pekerjan yang kalian lamar agar peluang kalian lebih besar diterima ketahap selanjutnya.
About Me

buatlah 1 atau 2 paragraf kecil untuk mendeskripsikan diri kalian melalui tulisan secara umum. Paragraf ini dapat menjadi garis besar mengenai diri kalian dan dapat memudahkan HRD untuk mengenali diri kalian melalui bagian about me. masukan point-point penting dari diri kalian, fokuskan dibidang apa kalian dapat berkerja, jika kalian melamar sebagai social media officer masukan tentang diri kalian yang berhubungan dengan media social seperti branding, editing, SEO ataupun copywriter agar posisi yang diinginkan sesuai dengan kriteria pada diri kalian.
Data Kontak
masukan nomor telepon pribadi kalian yang masih aktif ataupun nomor yang sering kalian gunakan, dan sertakan nomor referensi lainnya jika nomor utama tidak dapat dihubungi. karna nomor telepon merupakan akses mudah untuk HRD menghubungi serta jika nomor telepon yang kalian terhubung dengan aplikasi whatsapp akan lebih memudahkan HRD untuk menghubungi kalian lebih intens. Data kontak kalian lainnya yang dapat kalian cantumkan seperti email ataupun akun- akun media sosial kalian seperti linkedin, Instagram, facebook twitter dan lainnya.
In English
Gunakan bahasa inggris dalam penulisan CV kalian. Penulisan CV dalam bahasa inggris membuat penilaian lebih dari HRD untuk memilih kalian ketahapan selanjutnya. Namun  jangan berkecil hati jika kalian tidak baik dalam menggunakan bahasa inggris. Gunakan translator online atau liat contoh-contoh CV yang menggunakan bahasa inggris.
Riwayat Pendidikan
Masukan pendidikan kalian dimulai dari SMA hingga pendidikan terakhir kalian sehingga dapat mempersingkat CV kalian. Lupakan beberapa kenangan kalian saat TK,SD dan SMP, karna jika kalian telah mencantumkan pendidikan minimal SMA berarti kalian telah melewati SD dan SMP.
Riwayat Pekerjaan
Untuk kalian fresh graduate jangan berkecil hati terhadap bagian ini, kalian bisa masukan pengalaman magang (internship), pengalaman suka rela (volunteer), pekerjaan paruh waktu (part time),dan pekerjaan lepas (freelancer). Namun jika kalian tidak ada penggalaman tersebut kalianpun bisa cantumkan kegiatan yang kalian ikuti atau kalian adakan seperti seminar, workshop, pelatihan dan event yang pernah kalian ikuti.

Untuk kalian yang memiliki pengalaman kerja, cantumkan pekerjaan kalian diurutkan dari pekerjaan terakhir hingga pekerjaan awal kalian, disertakan dengan posisinya dan tambahkan durasi berapa lama kalian berkerja diperusahaan tersebut. Dalam penulisan riwayat kerja jelaskan dengan singkat mengenai bagian yang kalian kerjakan diperusahaan tersebut, dengan cara ini tentunya dapat memudahkan HRD untuk mengetahui dimana kompetensi yang kalian punya.
Dalam bagian ini masukan riwayat pekerjaan yang sesuai dengan pekerjan yang kalian ingin lamar, jika kalian melamar dibagian marketing communication masukan pengalaman kerja terdahulu kalian yang berhubungan seperti sales, marketing, social media ataupun posisi yang jenisnya. Dengan mencantumkan posisi yang sesuai membuat HRD menilai bahwa kalian layak dan mengetahui tugas-tugas diposisi yang kalian lamar.
Skills
kalian dapat mencantumkan skill yang kalian kuasai untuk menunjang kompetensi diri kalian. Masukan skill yang relevan dengan posisi yang kalian lamar. Serta perjelas dengan persentase ataupun gunakan diagram batang, bulat agar HRD dapat mengetahui sejauh mana skill yang kalian miliki.
Software
Pada era digital saat ini tentunya penggunaan software sangat berpengaruh. Apabila posisi yang kalian lamar merupakan pekerjaan belakang layar yang berhubungan dengan media elektronik pastinya kalian harus mencantumkan kemampuan software apa saja yang kalian dapat gunakan, tidak jauh berbeda dengan bagian skills, perjelas pengguasaan software yang kalian dapat gunakan dengan persentase ataupun gunakan diagram batang dan bulat.
Penghargaan
Masukan penghargaan yang kalian pernah raih saat bekerja, tentunya bukan hanya sembarang memasukan. Masukan penghargaan yang relevan dengan posisi atau perusahaan kalian tuju. Untuk fresh graduate masukan penghargaan beberapa tahun terakhir ini sebagai nilai lebih pada fresh graduate saat dikampus ataupun saat kalian SMA.


3. Buatlah Satu Lembar Hasil Pekerjaan Kalian ( portofolio )



Portofolio merupakan hal yang sangat menunjang CV kalian. Pada lembar ini kalian masukan hasil kerja kalian diperusahaan sebelumnya disertakan dengan buktinya, seperti contoh jika kalian seorang desain grafis cantumkan hasil kerja kalian yang pernah dipublikasikan, jika kalian seorang copywriter cantumkan hasil penulisan kalian. Namun tidak hanya buktinya saja, portofolio yang kalian tulis juga harus diserta dengan hasil yang diperoleh dari apa yang kalian kerjakan dengan fakta-fakta penunjang melalui data data terkait.
Dengan portofolio ini setidaknya HRD sudah mengetahui garis besar diri kalian terhadap hasil pekerjaan yang kalian mau dan CV kalianpun lebih mudah dilirik oleh HRD.

Bagaimana ? apakah terasa berat 3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD untuk kalian coba ? sepertinya tidak. Mulai sekarang  yuk! Periksa ulang atau buat CV terbaru kalian dan terapkan 3 hal penting diatas. Selamat mencoba!


Created by Yoki Candra

3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD

3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD

3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD

3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD

3 Hal Penting Membuat CV Agar Cepat Dilirik HRD

最後更新

最新的评论

评论在 D'Stupid Baker

发布由
上 13 Sep 2019
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak banget
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak bangetsangat berharap D' s***** buka l...