Love Indonesia
|

seperti dendam, rindu harus dibayar tuntas

Thu, 18 Nov 2021 15:02
Viewed: 813
0
Thumbs Up
Thumbs Down
seperti dendam, rindu harus dibayar tuntas
Film 'Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas' baru-baru ini meraih penghargaan Golden Leopard di Locarno Film Festival. Setelah berjaya di festival luar negeri, film produksi Palari Films yang disutradarai Edwin itu bakal tayang mulai 2 Desember 2021 di seluruh bioskop Indonesia.
 
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas dibintangi oleh Marthino Lio, Ladya Cheryl, Reza Rahadian, Ratu Felisha, dan Sal Priadi.
 
Diangkat dari novel penulis dengan penghargaan internasional Eka Kurniawan, film tersebut mendapatkan klasifikasi 17+ dari Lembaga Sensor Film.
 
ADVERTISEMENT Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas berkisah tentang Ajo Kawir, seorang jagoan yang tidak takut mati.
 
Hasratnya yang besar untuk bertarung didorong oleh sebuah rahasia bahwa dirinya impoten.
 
Ketika berhadapan dengan seorang petarung perempuan tangguh bernama Iteung, Ajo babak belur hingga jungkir balik. Ajo Kawir lantas jatuh cinta.

Mengusung tema kisah cinta tragis di dunia yang maskulin, film ini menjadi pernyataan bagi Edwin mengenai toxic masculinity.
 
"Budaya toxic masculinity memaksa lelaki untuk tidak terlihat lemah dan masih sangat terpampang di Indonesia hari ini, di masyarakat yang seharusnya kini lebih terbuka pikirannya dan demokratis ketimbang di era 80an atau 90an," kata Edwin sutradara sekaligus penulis skenario, Rabu (17/11).
 
Berlatar akhir 80an dan awal 90an, film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas menghadirkan estetika sinema dari era tersebut melalui banyak cara.
 
Salah satu caranya adalah penggunaan seluloid.
 
"Referensi saya tentang gambar sangat dipengaruhi oleh imaji-imaji yang terekam dalam berbagai acara TVRI," jelas sang sutradara.
 
Untuk Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, Edwin melakukan kolaborasi internasional dengan menggandeng Director of Photography Akiko Ashizawa yang berasal dari Jepang.
 
Akiko biasa berkolaborasi bersama sutradara kawakan Kiyoshi Kurosawa salah satunya Tokyo Sonata (2008) dan editor dari Thailand, Lee Chatametikool. Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas telah berkeliling ke 30 festival film bergengsi.
Movie Title: Seperti dendam, rindu harus dibayar tuntas
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio