Tahu Sumedang

Liputan6
Viewed: 42
Tahu Sumedang
Tahu sumedang, siapa sih yang tak mengenal camilan yang khas dari Sumedang, Jawa Barat, satu ini. Cara membuat tahu Sumedang yang memiliki warna kecokelatan dan kopong di dalam ini enak sekali jika dinikmati selagi hangat. Rasanya yang khas dengan sambal atau cabai rawit kecil yang menemaninya semakin menambah kelezatannya. Cara membuat tahu Sumedang akan semakin lengkap jika disajikan dengan lontong isi sayuran. Walaupun tahu ini asli dari Sumedang, pemasarannya sudah banyak yang ke kota-kota besar di Indonesia. Rasanya pun enak dan beda dengan tahu biasanya, sehingga banyak para penikmat tahu yang menyukai. Untuk cara membuat tahu Sumedang yang mentah sebenarnya dapat dibilang susah-susah gampang dalam mengolahnya. Soalnya, cara membuat tahu Sumedang yang memiliki waktu tahan lebih sedikit dari pada tahu biasanya. Sehingga cara membuat tahu Sumedang lebih cepat menjadi basi dan akan terasa asam. Selain itu, dalam menggorengnya pun kita harus benar-benar memperhatikan minyak goreng yang digunakan . Tahu merupakan makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia ternyata bukan berasal dari Indonesia, lo. Tahu ternyata berasal dari Tiongkok. Nama tahu berasal dari bahasa Hokkian, yaitu tauhu, yang berarti kedelai yang difermentasi. Hal ini merupakan gambaran dari pembuatan tahu. Kemudian kata tauhu berubah menjadi tahu.
Category: Appetizers

Ingredients

  • 10 buah Tahu Putih
  • 1 butir Telur Ayam
  • 80 gr Tepung Terigu
  • 1/4 sdt Baking Powder
  • 3 siung Bawang Merah, ulek halus
  • 3 siung Bawang Putih, ulek halus
  • 2 cm Kunyit, ulek halus
  • 1 sdm Penyedap Rasa
  • 1 sdt Garam Halus
  • Secukupnya Minyak Goreng
  • Secukup Air Putih bersih untuk rendaman

Cara Membuat

1. Tuangkan tepung terigu ke dalam wadah adonan yang sudah disiapkan lalu tambahkan dengan garam halus, penyedap rasa, dan baking powder. Aduk merata.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan kunyit lalu tuangkan pada wadah baru dan siram dengan secukupnya air. Aduk merata.

3. Bagi tahu putih sampai empat potong atau sesuai selera lalu letakkan pada wadah yang sudah berisi air bumbu. Siram-siram potongan tahu putih dan biarkan sejenak supaya meresap. Tiriskan.

4. Pecahkan telur dan tampung dalam wadah baru lalu kocok.

5. Ambil potongan tahu putih yang sudah bercampur bumbu dan celupkan pada kocokan telur kemudian masukkan ke dalam campuran tepung bumbu yang sudah dibuat tadi hingga melapisi tahu. Ulangi langkah ini sampai semua potongan tahu terbalur telur dan tepung bumbu.

6. Panaskan minyak dalam wajan lalu goreng tahu yang sudah berbalut telur dan tepung bumbu sampai matang garing dan tekturnya renyah. Bila sudah matang, warnanya akan terlihat sedikit gelap. Angkat dan tiriskan.

7. Nikmati tahu sumedang selagi hangat dengan cocolan saus sambal, mayonaise, dan atau kecap pedas.

0 Review

0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
Sorry, there are no review. Please write your review below.
Write a Review
Rating:
*
Headline:
*
Details:
*
Pros:
 
Cons:
 
 
 
Security Code:
*
 
 
Please type the above letters.
 
 
FirstPrev1NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio