Liputan6

FirstPrev12345NextLast
  • Soto Ayam Betawi

    Soto Ayam Betawi

    Soto Betawi merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang muncul sekitar tahun 1977-1978. Yang mempopulerkan dan pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari. Selain daging ayam, jeroan seperti paru atau usus juga digunakan sebagai bahan baku cara membuat soto ayam betawi ini. Kuah soto ayam Betawi memiliki tekstur yang kental dan rasa yang gurih karena menggunakan santan. Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat soto ini diantaranya adalah jintan, kemiri, ketumbar, dan pala. Soto ini biasa disantap dengan pelengkap emping, acar timun dan wortel, sambal cabai rawit, serta bawang goreng. Kuahnya yang hangat, potongan daging yang empuk pasti akan memanjakan lidahmu. Nah, kini kamu tak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk menyantap semangkuk soto ayam betawi ini, soalnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan rasa yang otentik. Penasaran dengan resepnya? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (06/11/2018) beberapa cara membuat soto ayam betawi. Cara membuat soto ayam betawi. Resep satu ini bisa jadi alternatif buat yang tidak suka daging sapi agar tetap bisa menikmati soto betawi.
  • Macaroni Schotel Kukus

    Macaroni Schotel Kukus

    Macaroni merupakan salah satu jenis pasta yang berbentuk elbow. Umumnya cara membuat macaroni diolah dengan saus krim dan tambahan kacang polong. Bahkan kamu bisa mencampur dengan tambahan daging ayam, daging sapi atau tambahan sayur-sayuran lainnya sesuai dengan selera keluarga. Macaroni sendiri kerap dihidangkan dengan beragam olahan. Mulai dari macaroni cheese, macaroni bolognaise dan juga macaroni schotel. Macaroni schotel merupakan sajian kuliner yang berasa dari negara Belanda. Kata Macaroni schotel diambil dari bahasa Belanda yaitu kata ‘Schotel’ yang artinya pinggan, jika disimpulkan macaroni schotel adalah sajian macaroni yang dibuat dalam wadah pinggan. Cara membuat macaroni schotel bisa dilakukan dengan dua versi yaitu dengan cara dipanggang ataupun dikukus. Cara membuat macaroni schotel dengan cara dikukus akan menghasilkan sajian macaroni yang lembut dan lembab karena taburan keju parutnya bisa meleleh dan lumer. Sebaliknya jika dipanggang sajian macaroni schotel menghasilkan rasa yang renyah, kering dan enak.
  • Tahu Sumedang

    Tahu Sumedang

    Tahu sumedang, siapa sih yang tak mengenal camilan yang khas dari Sumedang, Jawa Barat, satu ini. Cara membuat tahu Sumedang yang memiliki warna kecokelatan dan kopong di dalam ini enak sekali jika dinikmati selagi hangat. Rasanya yang khas dengan sambal atau cabai rawit kecil yang menemaninya semakin menambah kelezatannya. Cara membuat tahu Sumedang akan semakin lengkap jika disajikan dengan lontong isi sayuran. Walaupun tahu ini asli dari Sumedang, pemasarannya sudah banyak yang ke kota-kota besar di Indonesia. Rasanya pun enak dan beda dengan tahu biasanya, sehingga banyak para penikmat tahu yang menyukai. Untuk cara membuat tahu Sumedang yang mentah sebenarnya dapat dibilang susah-susah gampang dalam mengolahnya. Soalnya, cara membuat tahu Sumedang yang memiliki waktu tahan lebih sedikit dari pada tahu biasanya. Sehingga cara membuat tahu Sumedang lebih cepat menjadi basi dan akan terasa asam. Selain itu, dalam menggorengnya pun kita harus benar-benar memperhatikan minyak goreng yang digunakan . Tahu merupakan makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia ternyata bukan berasal dari Indonesia, lo. Tahu ternyata berasal dari Tiongkok. Nama tahu berasal dari bahasa Hokkian, yaitu tauhu, yang berarti kedelai yang difermentasi. Hal ini merupakan gambaran dari pembuatan tahu. Kemudian kata tauhu berubah menjadi tahu.
  • Sate Kambing

    Sate Kambing

    Sate kambing memang menjadi salah satu kuliner yang begitu disukai banyak orang. Rasanya yang nikmat membuat siapa saja terpikat dengan baunya saat tengah dibakar. Meskipun begitu, bagi sebagian orang tidak berminat dengan kuliner ini karena kadang-kadang masih bau kambing dan juga alot saat dimakan. Cara membuat sate kambing sendiri pun tidak bisa sembarangan seperti membuat sate ayam. Pengolahannya pun sangat beragam, mulai dari dimasak menjadi gulai, sate, tongseng, atau tengkleng. Meski sama-sama nikmat, namun bila tak dimasak dengan cara yang benar, tekstur dari daging kambing bisa menjadi lebih alot dan keras bila dibandingkan daging sapi atau kerbau, sehingga kurang sedap untuk disantap. Nah, untuk mengakalinya banyak yang mencoba merebusnya selama beberapa kali bersama rempah-rempah, atau bahkan melumurinya dengan parutan nanas. Tak hanya itu, daging kambing yang dibalut dengan remasan daun singkong juga dipercaya dapat membuat teksturnya melunak.
  • Green Tea Latte

    Green Tea Latte

    Kopi dan teh termasuk minuman yang banyak disukai. Banyak kafe maupun restoran yang menjual dua minuman ini dengan berbagai kreasi. Teh misalnya, sekarang ini banyak dijual dengan banyak variasi seperti Thai Tea, Matcha Latte atau Green Tea Latte. Di musim hujan seperti sekarang ini teh bisa jadi pilihan yang pas untuk menemani hari-hari Anda. Buat Anda yang menyukai teh hijau seperti Green Tea Latte, tak perlu pergi ke kafe dan menghabiskan banyak uang karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Seperti dilansir dari Fimela, Selasa, 13 November 2018, berikut ini ada resep praktis membuat Green Tea Latte ala kafe.
  • Sop Buah

    Sop Buah

    Walau bernama sop, sajian yang memadukan aneka buah ini punya citarasa manis, dingin, dan segar. Sop buah ini berkuah cerah dan pekat, campuran dari susu kental manis dan sirup. Namun kini cara membuat sop buah bisa dilakukan dengan menggunakan bahan lain seperti jus, santan atau yoghurt. Selain cocok dinikmati di siang hari yang terik, sop buah lazimnya juga jadi primadona di bulan ramadhan sebagai minuman buka puasa. Minuman menyegarkan satu ini sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan. Pasalnya setiap sudut kota ada penjual minuman ini. Selain bisa membelinya di penjual langganan, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Soalnya, cara membuat sop buah sangat mudah dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Sebelum mengetahui cara membuat sop buah, yuk simak tips cara membuat sop buah yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber berikut ini.
  • Kimbab

    Kimbab

    Gempuran Korea di berbagai belahan dunia tidak hanya dapat disaksikan lewat musik, drama, dan budaya. Deretan makanan khas Negeri Ginseng tersebut juga telah berhasil meraih hati masyarakat Indonesia, tidak terkecuali dengan kimbab. Kimbab sendiri merupakan nasi gulung yang dibalut rumput laut khas Korea. Di dalamnya terdapat berbagai isian yang tidak hanya mengenyangkan dan sehat, tetapi juga mudah dibuat di rumah dan bisa dijadikan bekal. Ingin membuat kimbab, nasi gulung rumput laut ala Korea? Yuk, simak rangkuman resep dan langkah-langkah pembuatannya berikut ini.
  • Pancake Korea Pajeon

    Pancake Korea Pajeon

    Kamu salah satu penyuka dunia K-Pop dan berbagai acaranya? Korea memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Mulai dari musiknya yang sangat populer, serial dramanya yang selalu berhasil menghanyutkan emosi penggemarnya, hingga aneka makanan khas Korea. Demam Korea rupanya masih melanda negeri ini, tak hanya dalam dunia musik dan fashion, akan tetapi dunia kuliner juga terimbas demam korea. Kamu mungkin sering menemukan berbagai makanan Korea yang menarik perhatian dan sepertinya enak untuk dimakan. Selain kimchi, cara membuat pancake Korea juga sering muncul dalam adegan di drama Korea Selatan. Ya, cara membuat pancake dalam bahasa Korea 'jeon' ini memang berisi sayur-sayuran yang membuatnya semakin terlihat enak. Nama lain dari pancake Korea sendiri disebut sebagai Buchimgae. Cara membuat pancake Korea sendiri merujuk pada hidangan yang dibuat dengan adonan yang berupa telur dan bahan lainnya dan digoreng dengan sangat tipis. Berbagai jeon (pancake) dapat terlihat selama musim meriah di Korea. Jeon dapat dibuat dengan bahan tunggal seperti dongtae jeon (pollack pancake) dan hobak jeon (adonan labu goreng musim panas), atau campuran dua sampai tiga bahan seperti pajeon haemul (pancake seafood dan daun bawang hijau) dan kimchijeon (pancake kimchi). Nah, dari beberapa macam pancake Korea, kamu bisa membuatnya dengan cara yang lebih mudah. Berikut cara membuat pancake Korea yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/11/2018).
  • Ikan Gangan khas Belitung

    Ikan Gangan khas Belitung

    Selain bisa menikmati pantai-pantai nan indah, Belitung juga memiliki kuliner khas yang lezat. Ikan Gangan salah satunya. Tidak hanya udang, lobster, dan kepiting, ikan gangan ini memiliki cita rasa yang unik dengan rasa asam dan memiliki kuah yang pedas berwarna kuning. Jangan khawatir, bila Anda belum sempat berkunjung ke Belitung. Anda bisa membuat ikan gangan ini sendiri di rumah lho. Seperti yang dituliskan oleh Vra Jhira di laman Cookpad.com, Jumat, 2 November 2018. Berikut bahan-bahan dan langkah pembuatan ikan gangan.
  • Puding Susu Saus Karamel

    Puding Susu Saus Karamel

    Salah satu kudapan yang cocok dinikmati di saat cuaca terik adalah puding. Cara membuat puding memiliki tekstur yang lembut serta creamy, membuatnya cocok sebagai hidangan penutup untuk mengakhiri santap lezatmu. Asal mula kata puding berasal dari bahasa Prancis, yaitu boudin yang berarti 'sosis darah', dari bahasa Latin, botellus yang berarti 'sosis kecil'. Istilah pudding digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. Tidak semua jenis puding rasanya manis, misalnya saja seperti suet pudding (puding lemak) yaitu jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu dengan campuran lemak domba atau lemak sapi. Di Inggris, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang terbuat dari telur dan tepung, cara memasaknya dengan cara mengukus, merebus, dan memanggang.
FirstPrev12345NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio