Apa Itu OECD? Heboh Gegara Isu Normalisasi Hubungan Indonesia-Israel

Okezone
 Okezone - Sun, 14 Apr 2024 06:09
 Viewed: 66

JAKARTA - Pemerintah Indonesia sudah menyatakan bahwa tidak ada rencana menjalin hubungan diplomatik dengan Israel untuk menjadi anggota Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (Organization of Economic Cooperation and Development/OECD).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada rencana untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, terutama dengan masih berlangsungnya "situasi kekejaman Israel di Gaza".

"Posisi Indonesia tidak berubah dan tetap kokoh mendukung kemerdekaan Palestina dalam kerangka two-state solution. Indonesia akan selalu konsisten, berada di garis terdepan membela hak-hak bangsa Palestina," kata Iqbal, dikutip dari BBC Indonesia, Minggu (14/4/2024).

Lantas apa itu OECD? sampai-sampai ada isu bahwa Indonesia akan membuka hubungan dengan Israel.

OECD merupakan badan internasional beranggotakan 38 negara yang memiliki misi untuk mewujudkan perekonomian global yang kuat, bersih, dan berkeadilan.

Dibentuk pada 14 Desember 1960, OECD merupakan kelanjutan dari Organization for European Economic Co-operation (OEEC) yang dibentuk pada 1948.

Tujuan OECC adalah memantau kontribusi AS dan Kanada di bawah Rencana Marshall agar Eropa dapat bangkit dari Perang Dunia II.

Sebagai lembaga ekonomi internasional, OECD bertujuan untuk membentuk kebijakan yang mendorong kemakmuran, kesetaraan, peluang, dan kesejahteraan bersama.

"Dalam konteks hubungan internasional, semacam aturan main, tata kelola atau kesepakatan-kesepakatan yang biasanya mengikat negara-negara anggotanya, tetapi juga ketika negara anggota itu berelasi dengan negara yang non-OECD," ujar Guru Besar bidang Ilmu Hubungan Internasional, Poppy Sulistyaning Winanti.

Source: Okezone