Foto Plang 'Kantor Polisi Bersama' Indonesia dan Tiongkok di Ketapang Mendadak Viral

Okezone
 Okezone - Fri, 13 Jul 2018 03:23
 Viewed: 397
Foto Plang 'Kantor Polisi Bersama' Indonesia dan Tiongkok di Ketapang Mendadak Viral

KETAPANG - Netizen dihebohkan dengan foto papan/plang nama bangunan yang bertuliskan Kantor Polisi Bersama. Dalam foto papan nama yang cepat beredar itu, tertulis jelas dengan dua bahasa, dua lambang korp kepolisian serta dua bendera Negara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Plang nama itu awalnya bertulisan Kepolisian Negara Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Kabupaten Ketapang. Di atasnya terdapat dua bendera. Di bawahnya, tertulis dengan bahasa Tiongkok.

Kemudian, dalam papan nama berwarna keemasan ini juga bertulisan Biro Keamanan Publik Republik Rakyat Tiongkok Provinsi Jiangsu Resor Suzhou. Disertai pula tulisan dalam bentuk bahasa Tiongkok. Kemudian disusul tulisan Ketapang Ecology and Agriculture Forestry Industrial Park.

Foto papan nama ini viral di Facebook. Seorang pengguna akun bernama Syafa, mengunggah foto papan nama ini dengan caption "Sebentar lagi kita terusir'. Dalam enam jam sejak diposting, foto papan nama ini dibagikan hampir 12 ribu kali oleh netizen dengan segala coption dan komentarnya.

Okezone sempat mencari tahu mengenai kepastian foto ini. Didapat dari sumber kepolisian di Polda Kalbar, bahwa awalnya pada Kamis 12 Juli 2018, sekitar pukul 08.20 Wib, rombongan Biro Keamanan Publik Suzhou Provinsi Jiansu tiba di Mapolres Ketapang, Kalbar.

Kedatangan mereka disambut dengan kata sambutan dari Kapolres Ketapang AKBP Sunario. Dilanjutkan dengan penyambutan oleh para pejabat Polres Ketapang bersama Perwira Polres Ketapang lainnya.

Rombongan yang hadir dalam acara kunjungan Biro Keamanan Publik Suzhou ini diantaranya; Jiang Hai sebagai Direktur Jendral Biro Keamanan Publik Suzhou, Wang Sheng Yu sebagai Wakil Direktur Kantor Biro Kerjasama Internasional Biro Keamanan Publik Suzhou.

Juga hadir Zhang Jian sebagai Wakil Direktur Pusat Penerjemah Kantor Urusan Luar Negeri Suzhou, Zhu Qiang sebagai Wakil Kepala Detasemen Polantas Biro Keamanan Publik Suzhou, Shi Xu sebagai Wakil Direktur Dinas Perencanaan Suzhou, Yan Hong Tai sebagai Wakil Direktur Dinas Administrasi Kota Shuzhou, Chen Bin sebagai Direktur Biro Kerjasama Internasional Biro Keamanan Publik Suzhou.

Kemudian, rombongan beserta Pejabat Polres Ketapang memasuki Aula Mapolres Ketapang. Dalam hal ini Kapolres Ketapang menyampaikan aspek geografi, aspek demografi dan memperkenalkan satu persatu Pejabat Polres Ketapang. Kemudian Kapolres Ketapang berterima kasih atas kunjungan polisi Shouzhou ke Polres Ketapang.

Di hadapan rombongan, Kapolres Ketapang menyampaikan bahwa Ketapang merupakan kabupaten paling aman dan tidak pernah terjadi konflik suku maupun agama. Sehingga investor dari banyak yang masuk ke Ketapang.

Namun, untuk kerja sama antara polisi, Kapolres Ketapang menegaskan harus melalui Mabes Polri. Sambutan kemudian dibalas dari Kepolisian Suzhou dengan diawali memperkenalkan satu persatu anggotanya pada acara itu.

Juga memperkenalkan geografi Kota Suzhou. Bahwa ada 13 ribu polisi dan 40 ribu banpol yang ada di Kota Suzhou dengan jumlah penduduk sekitar 18 juta jiwa. Artinya anggota polisi sudah mencapai seperempat Provinsi Jiangsu.

Dipaparkan juga bahwa pembayaran dan pemerataan di Kota Suzhou sudah stabil. Maka, mereka ingin mempererat hubungan dengan Polri di Ketapang. Mereka juga berharap kepolisian di Metapang dapat ke Shouzhou untuk mempererat hubungan baik dengan polisi Suzhou.

Source: Okezone