Heboh Foto Pendemo Jokowi Tanpa Busana, Ini Kejadian Sebenarnya!

Okezone
 Okezone - Wed, 27 Feb 2019 05:08
 Viewed: 779

SEBUAH akun Facebook (FB) bernama Hakimin Amir Kincay memposting satu foto diserta narasi yang menyebut bahwa adanya demo anti Jokowi. Dalam foto tersebut juga menunjukkan beberapa pria tanpa busana dan hanya menggunakan foto bergambar Jokowi untuk menutupi alat vitalnya.

Foto tersebut diposting ke grup FB Kabar Jambi Kito pada 23 Februari 2019. Sudah dibagikan lebih dari 100 kali dengan lebih dari 700 komentar per tangkapan layar ini diambil.

(Baca Juga: Hoaks Jokowi Disebut Hancurkan Masjid demi Tol Batang-Semarang, Ini Faktanya!)

Faktanya, setelah dilakukan penelusuran oleh Syarief Ramaputra, salah satu anggota Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) di laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), foto tersebut telah melaui proses editing.

"Berdasarkan penelusuran menggunakan google reverse image, foto tersebut bukanlah kegiatan demonstrasi anti Jokowi. Melainkan gerakan masyarakat Philipina yang memprotes suatu kebijakan," ujar Syarief.

Kepastian itu dapat dilihat dari artikel berbahasa Vietnam (http://www.ngay-dem.com/modules.php?name=News&op=viewst&sid=1332) yang berisi informasi mengenai aksi demo yang cukup vulgar dalam memprotes wilayah sengketa di Laut Cina Selatan serta kebijakan paspor Cina yang bergambar peta atau berbentuk garis lidah sapi pada 2012 silam.

"Jadi, informasi yang dibagikan akun Hakimin Amir Kincay itu dapat dikategorikan sebagai manipulated content atau konten yang dimanipulasi," tegas Syarief.

(Baca Juga: Viral Warga China Miliki E-KTP di Cianjur, Ini Fakta Sebenarnya Versi Menaker)

Source: Okezone