Heboh Kabar China Airlines Sudah Beroperasi ke Makassar, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Sat, 15 Jun 2019 14:01
 Viewed: 808

BEREDAR postingan disertai tangkapan layar yang diklaim sebagai China Airlines yang sudah menjual tiket penerbangan Jakarta-Makassar.

Seperti yang diunggah akun Facebook atas nama Situasi. Dalam postingan yang sudah dibagikan lebih dari 1.210 kali saat tangkapan layar diambil, akun Situasi juga menuliskan narasi sebagai berikut: "WOW! China Airlines sudah beroperasi ke Makassar?".

Sumber lain juga ada yang membuat konten serupa. Namun, jika dilihat sekilas, berdasarkan situs resmi China Airlines di https://book.china-airlines.com/, memang terlihat penawaran tiket penerbangan untuk rute domestik.

Akan tetapi, jika dicermati lagi terdapat tulisan kecil yang memuat keterangan bahwa rute tersebut dioperasikan oleh Garuda Indonesia. Jadi bisa dikatakan bahwa rute tersebut tidak sepenuhnya dioperasikan maskapai asing. Ada bentuk kerja sama yang dilakukan dengan maskapai nasional.

Dalam sejumlah pemberitaan di media online mainstream pun VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan telah menyatakan bahwa dalam dunia penerbangan, hal tersebut dinamakan codeshare. Artinya, suatu bentuk kerja sama yang dilakukan dua maskapai untuk berbagi rute penerbangan internasional yang sama.

"Dalam kasus itu, rute lengkapnya adalah Taipei-Makassar. Jadi, Taipei ke Jakarta dioperasikan China Airlines, sedangkan Jakarta-Makassar oleh kami," kata Ikhsan, Kamis 13 Juni lalu.

Penumpang Taipei yang akan menuju Makassar membeli tiket melalui China Airlines. Tiket juga diterbitkan oleh maskapai yang sama. Pesawat dari Taipei ke Jakarta dioperasikan oleh China Airlines. Adapun, pesawat selanjutnya dari Jakarta menuju Makassar akan dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Nantinya, harga tiket penerbangan dari Jakarta ke Makassar akan ditagihkan pihak Garuda ke China Airlines. "Sesuai standar harga kami," tutur dia.

Ikhsan menjelaskan, kerja sama codeshare memang diperlukan maskapai untuk memenuhi kebutuhan penumpangnya menjangkau destinasi tertentu yang tidak bisa dilayani. Ketidakmampuan maskapai menerbangi rute tersebut bisa disebabkan restriksi yang dilakukan pemerintah setempat.

Jadi bisa dibilang, China Airlines sama sekali belum menjual tiketnya untuk rute domestik di Indonesia. Garuda juga melakukan hal yang sama untuk menjangkau rute negara lain dengan maskapai setempat salah satunya Japan Airlines.

Source: Okezone