Ibu Usir Anak dari Mobil Viral, Psikolog Ungkap Dampak Psikis ke Korban

Okezone
 Okezone - Thu, 28 Mar 2019 09:36
 Viewed: 426
Ibu Usir Anak dari Mobil Viral, Psikolog Ungkap Dampak Psikis ke Korban

MALANG - Video seorang ibu berhijab usir anak berseragam sekolah di Malang viral di media sosial. Psikolog anak Nirma Yulidya menjelaskan, aksi itu bisa memicu rasa traumatis bagi korban.

"Saya yakin si anak begitu trauma bahkan dengan melihat wajah ibunya saja," kata Dosen Psikolog Universitas Gajayana itu saat ditemui Okezone, Kamis (28/3/2019).

Baca Juga: Viral Video Ibu Usir dan Aniaya Anak Berseragam Sekolah

Nirma menjelaskan, bila anak menjadi korban atau yang menonton video tersebut berpotensi meniru dan melakukan perbuatannya saat dewasa nanti.

"Secara psikolog anak yang mengalami kekerasan psikis cenderung saat dewasa akan melakukan perbuatan yang lebih berat lagi. Apalagi pengalamannya sendiri. Mau tidak mau akan meniru," ucap dia.

Menurut dia, sebaiknya aksi kekerasan anak tersebut tak direkam dan disebarkan di media sosial hingga viral. Nirma berharap masyarakat Malang mampu bersikap cerdas untuk tidak ikut memviralkan video ini, karena kemungkinan besar anak-anak juga akan melihat tayangan tersebut.

Perempuan yang juga pengurus Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPI) Malang ini berujar, video tersebut bisa menimbulkan stigma negatif terhadap orangtua perempuan maupun anaknya.

Baca Juga: Polisi Duga Bocah yang Dianiaya Seorang Ibu adalah Siswi SD Swasta di Malang

"Tidak bisa men-judge ke orangtua maupun ke anaknya yang salah karena masak segitu parahnya diperlakukan gitu," ujarnya.

Oleh karena itu Nirma mengimbau kepada para orangtua untuk berhati-hati saat memberikan sanksi kepada anak di area publik dan tertangkap kamera.

Source: Okezone