Lagi! Konsumen Ribut Sama Kurir karena Tolak Bayar COD Viral di Medsos

Okezone
 Okezone - Sat, 03 Jul 2021 21:27
 Viewed: 375
Lagi! Konsumen Ribut Sama Kurir karena Tolak Bayar COD Viral di Medsos

MANADO - Kasus konsumen tolak membayar barang online via COD (cash on delivery atau bayar di tempat) kembali terjadi. Sebelumnya seorang pembeli di Jambi menolak membayar kepada kurir karena barang yang diterimanya tidak sesuai pesanan.

(Baca juga: Mengenal Emmy Hafild, Pejuang Lingkungan yang Keras Menentang Soeharto)

Kasus serupa juga kembali terjadi di Sulawesi Utara, ketika seorang konsumen adu mulut dengan kurir yang mengantarkan pesanan COD. Dalam video viral yang beredar di media sosial, terlihat lelaki berbaju kuning beradu mulut dengan kurir lantaran paket barang yang diterima tidak sesuai.

Ada dua video yang beredar di media sosial, video pertama terlihat sebuah paket yang kotaknya sudah dalam kondisi robek. Terdengar suara seorang kurir yang bertanya kepada lelaki berbaju kuning apakah mau membayar barang pesanannya.

"Bapak mo bayar nda, mo bayar nda (bapak mau bayar atau tidak, mau bayat atau tidak)," ujar kurir dalam video tersebut dikutip Sabtu (3/7/2021).

Lelaki berbaju kuning itu kemudian menjawab tidak akan membayar barang pesanan yang nampak dalam video itu merupakan sepasang sepatu berwarna hitam.

(Baca juga: PPKM Darurat, Kawasan Bulungan hingga Danau Sunter Dijaga Ketat Polisi)

"Kalau nda ada doi nda usah ba pesan pak, masa kong so buka kong nda mo ambe lagi (Kalau tidak ada uang tidak usah pesan pak, masa sudah dibuka terus tidak mau bayar lagi)," kata kurir itu lagi.

"Oh nda, kita nda mo ambe, nda sesuai (oh tidak, saya tidak mau ambil, tidak sesuai)," kata lelaki berbaju kuning dalam video itu.

Sang kurir kemudian berkata kalau barang yanh dipesan tidak sesuai komplainnya kepada pengirim, bukan kepada kurir.

Lelaki itu kemudian mengaku sudah melakukan komplain kepada pengirim dan dia tidak mau membayar dan menerima barang yang sudah dipesannya itu.

"Makanya kalo nda ada doi nda usah ba pesan pak (makanya kalau tidak ada uang tidak usah pesan pak," ucap kurir itu

Di video kedua terlihat lelaki tersebut marah dan bertanya kepada kurir kalau lelaki itu merasa dirugikan atau tidak namun kurir itu berkata tidak mau menjawab pertanyaan dar konsumen itu

"Kalau ngana tidak mau jawab bawa jo ini barang kita nimau bayar (kalau kamu tidak mau jawab ya bawa saja ini barang, saya tidak mau bayar," kata konsumen itu dengan nada marah

Source: Okezone