Netizen Ramai-Ramai Ucapkan Selamat Hari Batik Nasional

Okezone
 Okezone - Fri, 02 Oct 2020 02:15
 Viewed: 324
Netizen Ramai-Ramai Ucapkan Selamat Hari Batik Nasional

HARI ini netizen ramai-ramai mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional di linimasa Twitter. Berbagai ucapan dan doa mereka sampaikan di peringatan setiap tanggal 2 Oktober ini.

Netizen juga tampak tetap bersemangat memperingati Hari Batik Nasional ini, mesti dalam situasi pandemi virus corona (covid-19).

Baca juga:Selamat Hari Batik! Ini Sejarahnya hingga Jadi Warisan Budaya Dunia

Lalu ada di antara mereka menyematkan foto-foto sedang mengenakan kain atau pakaian batik sebagai wujud kecintaan terhadap warisan budaya Indonesia ini.

Kemudian ada sejumlah harapan dan ajakan mengenakan batik di hari bersejarah ini. Berikut beberapa di antaranya, sebagaimana Okezone kutip, Jumat (2/10/2020).

"Selamat Hari Batik Nasional. Melestarikan budaya bangsa cerminan wujud cinta terhadap Negara," tulis akun Twitter @JarcokSatengah.

"Tepat di hari ini, 2 Oktober, simbol kebudayaan bangsa Indonesia telah resmi menjadi warisan yang wajib untuk dilestarikan. Selamat Hari Batik Nasional," ungkap @marlina_idha.

"Selamat Hari Batik Nasional 02 Oktober 2020. Ini batikku , mana batik kalian? #HariBatikNasional," tulis @Alimoen.

"Jangan lupa pakai batik, dan tetaplah bangga menjadi bagian dari Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional," respons @A___30.

Baca juga: Resep Minuman King Mango Vla Santan, Segar Deh

Sekadar diketahui, penetapan Hari Batik Nasional bersamaan dengan ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Kelahiran batik di Indonesia sendiri diketahui berkaitan dengan berkembangnya Kerajaan Majapahit dan penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan di masa Kerajaan Mataram, kemudian berlanjut ke masa Kerajaan Solo dan Yogyakarta.

Source: Okezone