Polri Akan Periksa Kapolres Halmahera Selatan Pasca-Video Polisi Ngamuk Viral

Okezone
 Okezone - Mon, 29 Apr 2019 09:10
 Viewed: 33
Polri Akan Periksa Kapolres Halmahera Selatan Pasca-Video Polisi Ngamuk Viral

JAKARTA - Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat Polres Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Hal ini menyusul beredarnya video di media sosial yang memperlihatkan anggota polisi mengamuk di depan Polres Halmahera Selatan dan juga mencoba masuk ke ruang Kapolres Halmahera Selatan, AKBP Agung Setyo Wahyudi.

"Pasti ya, nanti ada pemeriksaan dari Kapolres, Wakapolres, Kabag pos dan semuanya ada dilakukan pemeriksaan. Yang intinya adalah melakukan konfirmasi tentang kejadian apakah benar demikian atau ada beberapa yang tidak terkomunikasi dengan baik," kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019).

(Baca Juga: Viral Polisi Ngamuk Diduga Gara-Gara Honor Pengamanan Pemilu)

Dikatakan Asep, nantinya yang akan melakukan pemeriksaan adalah Bidang Profesi dan Pengamanan Polri guna mendalami dan mencari tahu kebenaran di balik insiden itu.

"Kepala bidang profesi dan pengamanan Polri sedang melakukan penyelidikan, apa yang sesungguhnya terjadi sehingga ada reaksi yang demikian," ujar Asep.

Namun, dari hasil pemeriksaan sementara diketahui latar belakang permasalahan yang memicu terjadinya hal itu yakni kesalahpahaman semata.

Saat disinggung mengenai infomasi yang beredar bahwa pemicu insiden itu disebabkan pemotongan honor pengamanan pada Pemilu, Asep menekankan bila pihaknya belum bisa memastikan hal itu.

"Soal pemotongan honor itu masih selidiki," ujarnya.

(Baca Juga: Viral KRI Ditabrak Kapal Pencuri Ikan Vietnam di Laut Natuna)

Sebelumnya, viral di media sosial terkait ratusan polisi mengamuk di depan kantor Polres Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Dalam video yang berdurasi sekiranya 38 detik itu tampak beberapa orang yang mengenakan kemeja putih dan juga terdapat anggota polisi yang tengah mengeluarkan amarahnya di depan Kapolres AKBP Agung Setyo Wahyudi.

Source: Okezone