Tide Pods Challenge, Tren Gila yang Viral di Media Sosial Berisiko Kematian, Berani Coba-Coba?

Okezone
 Okezone - Tue, 16 Jan 2018 02:52
 Viewed: 951
Tide Pods Challenge, Tren Gila yang Viral di Media Sosial Berisiko Kematian, Berani Coba-Coba?

MEDIA sosial seperti tidak pernah ada habisnya menjadi ruang kegilaan remaja. Saking bebasnya dalam berekspresi, maka tidak ada batasan lagi untuk mereka yang mau unjuk kebolehan menampilkannya di media sosial dan kemudian viral!

Apakah Anda masih ingat mengenai tren hilang dari rumah untuk memastikan keluarga Anda benar-benar sayang atau tidak dengan Anda? Tren ini menjamur di seluruh dunia melalui Facebook dan tidak sedikit dari mereka yang malah benar-benar diculik dan benar-benar hilang dari rumah.

Simple! Mereka awalnya hanya menghilang dari rumah. Lalu ponselnya tidak dapat dihubungi dan tidak ada kontak dengan teman-teman sebelumnya. Itu membuat "kehilangan" Anda semakin nyata dan Anda hanya ingin melihat bagaimana keluarga mencari Anda. Gila bukan?

Dan kini, di kanal Youtube, Twitter, dan Reddit mulai menjamur tren baru yang semakin gila. Kali ini menyangkut kesehatan secara langsung. Sebab, tren ini meminta Anda untuk menelan deterjen berwarna! Tidak masuk akal memang, tapi begitulah yang sedang terjadi di media sosial kini dan anak-anak Anda menjadi incaran berikutnya.

Dikutip dari Oddity Central, Selasa (16/1/2018), tren ini meminta Anda untuk menggigit salah satu warna yang ada di dalam kemasan deterjen khusus. Ketika Anda menggigit warna yang salah, yaitu putih, maka yang keluar dari mulut Anda adalah deterjen yang mematikan. Tapi, ketika Anda cerdas,dengan menggigit ruang berwarna, maka cairan berwarna yang akan keluar. Dan itu dianggap keren, benar-benar tidak masuk akal!

Apa yang sebetulnya bakal terjadi ketika Anda melakukan hal gila ini?

Menurut ahli medis, yang bakal terjadi pada tubuh Anda adalah rekasi saluran pencernaan Anda dan pernapasan Anda. Untuk pencernaan, tubuh Anda akan diare, muntah-muntah, luka bakar bagian dalam tubuh, atau juga terjadi infeksi bagian dalam. Sementara itu, untuk saluran pernapasan terjadi penyempitan saluran dan itu membuat Anda sesak napas. Masalah paling serius tentunya kematian!

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Deterjen mengandung bahan kimia beracun yang berbahaya bagi tubuh manusia. Bahan-bahan tersebut antara lain etanol, hydrogen peroksida, dan berbagai bahan polimer lainnya. Intinya, tidak ada satupun bahan yang terkandung di deterjen yang baik untuk tubuh manusia!

"Mereka seharusnya tidak dimainkan. Bahkan jika dimaksudkan sebagai lelucon. Keamanan bukan masalah tawa," kata produsen deterjen dalam sebuah pernyataan. "Laundry pacs kami adalah deterjen yang sangat pekat yang dimaksudkan untuk membersihkan pakaian dan mereka digunakan dengan aman di jutaan rumah tangga setiap hari. Mereka seharusnya hanya digunakan untuk membersihkan pakaian dan tetap tertutup dan jauh dari anak-anak," lanjutnya.

Meskipun ada peringatan ini, kegemaran tampaknya akan memacu momentum. Baru dua minggu, tren ini sudah meracuni kurang lebih 40 anak. Kasus konsumsi deterjen ini pun telah dilaporkan oleh American Association of Poison Control Centres (AAPCC), setengahnya melibatkan konsumsi yang disengaja.

Sementara itu, menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen, setidaknya ada sepuluh kematian terkait dengan menelan deterjen. Delapan dari kematian tersebut melibatkan warga lanjut usia dengan demensia, sementara dua lainnya adalah anak kecil. Mudah-mudahan, tren absurd dan berbahaya ini akan berakhir sebelum korban lain semakin berjatuhan!

Source: Okezone