Viral, Bocah Ini Gunakan Robot untuk Kerjakan PR

Okezone
 Okezone - Sat, 23 Feb 2019 01:00
 Viewed: 511
Viral, Bocah Ini Gunakan Robot untuk Kerjakan PR

PERKEMBANGAN teknologi yang begitu pesat memang mendatangkan berbagai manfaat positif bagi kehidupan manusia. Sebut saja teknologi robot yang kini tengah gencar-gencarnya dikembangkan oleh para ilmuwan.

Selain digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan berat, teknologi ini juga bisa membantu para pelajar dalam menyelesaikan tugasnya loh! Hal tersebut sudah dibuktikan oleh pelajar wanita asal China.

Beberapa waktu lalu, Qianjiang Evening News melaporkan bahwa seorang pelajar wanita nekat merogoh kocek hingga 800 Yuan atau sekira Rp1,6 juta untuk membeli sebuah robot yang memungkinkannya meniru serta menyelesaikan pekerjaan rumah dengan cepat.

Ibu gadis itu, yang bermarga Zhang, mendadak curiga ketika melihat pekerjaan rumah milik putrinya ditulis dengan rapi dan sama sekali tidak ada kesalahan. Padahal, ia tahu betul bahwa sang buah hati hanya memiliki sedikit waktu untuk menyelesaikannya karena harus mengikuti perayaan Tahun Baru Imlek dan berlibur bersama keluarga.

Kemudian, saat membersihkan kamar anaknya, Zhang menemukan sebuah alat logam aneh beserta kemasannya yang mengklaim bahwa alat itu bisa meniru tulisan tangan apa pun.

Setelah sang putri mengaku menggunakan robot untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya, Zhang memutuskan untuk membocorkan ide 'kreatif' sang anak di media sosial lengkap dengan pesan khusus.

"Alat ini bisa membantu pekerjaan rumah, tapi apakah bisa membantumu dalam ujian?," tulis Zhang.

Dalam waktu singkat, unggahan tersebut viral di berbagai media sosial. Beberapa orang mengaku ingin memiliki robot itu, sementara yang lain mengkritik sistem pendidikan di China.

"Terkadang pada edukator harus bercermin dari isu seperti ini. Mengapa kita masih memberikan pekerjaan rumah ini jika sudah ada robot yang mampu menyelesaikannya?," tulis seorang netizen.

Selidik punya selidik, para pelajar di China memang diharuskan menulis ulang buku pelajaran, puisi, atau bahkan kata-kata baru (vocabulary) karena dianggap ampuh untuk meningkatkan daya ingat mereka.

Sementara itu, South China Morning Post telah melakukan penelitian kecil tentang isu menarik ini yang melibatkan "robot tulis". Mereka menemukan bahwa ternyata banyak toko online di China yang menjual alat tersebut dengan harga murah, berkisar Rp446 ribu hingga Rp1,8 juta.

Bahkan, versi robot terbaru memungkinkan untuk meniru tulisan sang pengguna dengan menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi inilah yang digunakan oleh robot itu untuk mempelajari lebih dari 6.000 karakter huruf agar mirip dengan bentuk tulisan yang diinginkan. Demikian dilansir dari OddityCentral.

Source: Okezone