Viral Foto Sampah Plastik Berusia 19 Tahun di Pantai Sendang Biru, Malang, Netizen: Ini Tamparan Keras Buat Kita!

Okezone
 Okezone - Tue, 09 Apr 2019 07:14
 Viewed: 700
Viral Foto Sampah Plastik Berusia 19 Tahun di Pantai Sendang Biru, Malang, Netizen: Ini Tamparan Keras Buat Kita!

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), kita semua sudah mempelajari betapa berbahayanya sampah plastik jika dibuang sembarangan, bahkan ada yang sampai terombang-ambing di lautan. Sebagaimana diketahui, sampah plastik termasuk dalam kategori sampah anorganik atau sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati, baik berupa produk sintetik maupun hasil proses teknologi pengolahan.

Penggunaan bahan-bahan non hayati inilah yang membuat sampah plastik sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorgranisme. Para peneliti mengklaim kantong atau sampah plastik baru bisa terurai ratusan hingga ribuan tahun lamanya.

Baca juga :

Jadi jangan heran bila unggahan foto milik akun Twitter @selfeeani tengah ramai dipercingkan netizen Indonesia. Dua hari yang lalu, Sabtu 6 April 2019, wanita yang akrab disapa Fia itu membagikan foto sampah plastik yang ditemukan di Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Fia kemudian menjelaskan secara detail temuannya itu pada keterangan foto. Dilihat dari kemasannya, sampah plastik itu sudah berusia 19 tahun atau pertama kali diedarkan sekitar tahun 2000.

"Agustus nanti Indonesia akan berumur 74 tahun. Namun, pagi ini saya menemukan bungkus indomie yang bertuliskan dirgahayu Indonesia ke-55. Saya merenung sejenak karena perbedaannya 19 tahun. Jadi bungkus ini terombang-ambing di laut sampai hanyut ke bibir pantai selama 19 tahun," tulis Fia.

Source: Okezone