Viral Gaji Suami Istri Rp2,3 Juta! Cukup untuk Kebutuhan Bulanan hingga Sedekah, Ini Hitung-hitungannya

Okezone
 Okezone - Thu, 28 Oct 2021 05:04
 Viewed: 428

JAKARTA - Viral pasangan suami istri cuma butuh Rp2 jutaan untuk keperluan rumah tangga bulanan. Dalam satu bulan, keluarga ini hanya menghabiskan Rp2,22 juta.

Kisah ini viral di media sosial Instagram @feti_ira36 dan Twitter @rahneputri yang membagikan ulang momen tersebut.

Dalam unggahan yang viral, terdapat foto catatan basah berisi pengeluaran keuangan bulan September 2021. Tertulis, penghasilan suami dan penghasilan sang istri yang dijabarkan memiliki total Rp2,3 juta sebulan.

Baca Juga: Viral Pegawai Curhat Gaji Dipotong, Ternyata Begini Faktanya

Catatan tersebut membagi pengeluaran menjadi tiga kategori, yaitu kewajiban, kebutuhan, dan kebutuhan lain.

Dalam kategori kewajiban, tertulis budget rumah senilai Rp850 ribu, listrik Rp250 ribu, SPP Rp250 ribu, kuota internet Rp70 ribu, serta kewajiban lain sepeerti air, pengangkutan sampah, dan kas Rukun Tetangga (RT) senilai R060 ribu. Jika ditotal, seluruh kewajiban dalam sebulan berjumlah Rp1,48 juta.

Kemudan, tercatat kategori kebutuhan, yaitu gas sebesar Rp30 ribu, belanja bulanan Rp150ribu, belanja mingguan Rp75 ribu yang menjadi Rp300 ribu dalam empat minggu, serta keperluan sang anak sejumlah Rp150 ribu per bulan. Total, keperluan keluarga ini hanya tembus Rp630 ribu sebulan.

Diketahui, catatan ini tak mencakup kebutuhan beras karena sang istri mengaku, berasnya berasal dari kiriman kantor sebanyak 10 dan lima kilogram. Ini dikatakannya lewat akun instagram @feti_ira36.

Terkait kebutuhan lain, tercatat keperluan imunisasi anak sebesar Rp35 ribu dan jajanan anak Rp75 ribu. Totalnya Rp110 ribu.

Jika kewajiban, kebutuhan, dan kebutuhan lain dijumlahkan, maka totalnya hanya akan mencapai Rp2.220.000. Angka ini masih kurang Rp80 ribu dari total penghasilan pasangan tersebut.

Sebab itu, buku tersebut mencatat sisa Rp80 ribu dipergunakan untuk dana darurat, waktu bersama keluarga, serta sedekah.

Source: Okezone