Viral! Ini Pegawai Alfamart Penyandang Disabilitas yang Banjir Pujian

Okezone
 Okezone - Wed, 31 May 2023 08:24
 Viewed: 239
Viral! Ini Pegawai Alfamart Penyandang Disabilitas yang Banjir Pujian

JAKARTA - Sebuah video tengah menjadi buah bibir di dunia maya. Dalam video tersebut seorang penyandang disabilitas berprofesi sebagai pegawai Alfamart terekam oleh kamera. Dengan giat dan semangat ia melakukan pekerjaan di tengah keterbatasannya. Sosok itu adalah Sandi Nur Rohmat pemuda asal Majalengka, Jawa Barat.

Video yang dibagikan oleh akun @info_uniik pada 20 Mei 2023 lalu di media sosial Instagram ini menerima ribuan likes dan komentar pujian dari netizen. Dalam captionnya tertulis, "Respect buat Alfamart". Netizen pun membanjiri kolom komentar akun tersebut.

Salah satunya datang dari akun @d.hamdani560 yang berkomentar, "makin berkah buat alfamart"

Selain itu, netizen lainnya @hafidz.ozoraa juga menuangkan apresiasinya dalam unggahan tersebut. "Di deket rumah gw ada alfamart pegawai nya maaf tuli, dan keren bgt suer," tulisnya.

Lewat akun TikToknya, sandinr29, ia juga kerap membagikan momen sehari-hari. Ia terlihat menikmati pekerjaannya dan sangat percaya diri dengan apa yang dilakukannya.

Viralnya video yang berdurasi 15 detik itu membuat pihak Alfamart buka suara. Corporate Communications GM Alfamart Rani Wijaya mengungkapkan, sejak tahun 2016 Alfamart mulai aktif memberi kesempatan bagi penyandang disabilitas bergabung menjadi karyawan melalui program Alfability.

"Dengan fokus pada kemampuannya (ability), Alfamart menempatkan penyandang disabilitas sesuai persyaratan kompetensi bidang pekerjaannya dan tidak melihat kekurangan sebagai hambatan penyandang disabilitas untuk mengembangkan dirinya," ujarnya.

Lebih lanjut Rani menyampaikan, Alfamart sebagai perusahaan inklusi mengajak seluruh karyawan untuk aktif dalam memahami, menerima dan menghargai perbedaan, termasuk kepada penyandang disabilitas, sehingga tercipta hubungan yang kolaboratif, suportif dan saling menghormati.

"Ini juga merupakan bentuk dukungan perusahaan dan implementasi dari UU No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," ucap Rani.

Ia membeberkan, karyawan penyandang disabilitas Alfamart berjumlah 972 karyawan, terdiri dari tuna grahita dan tuna laras, tuna netra, tuna daksa dan tuna rungu wicara. Mereka tersebar ada di toko (store), gudang (warehouse), dan kantor (back office).

"Alfamart berikan hak dan kewajiban yang sama antara penyandang disabilitas dan karyawan biasa. Namun untuk job desk mereka ditempatkan di jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Alfamart juga berikan latihan dan pengembangan potensi dan kompetensinya," tuturnya.

Source: Okezone