Viral Jubir COVID-19 Yurianto Pakai Batik Motif Corona, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Sat, 18 Apr 2020 23:33
 Viewed: 784
Viral Jubir COVID-19 Yurianto Pakai Batik Motif Corona, Ini Faktanya

Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19 mendadak menjadi perbincangan publik. Namun, kali ini topik pembahasan tidak berkaitan dengan update informasi atau data yang selalu dia sampaikan dalam konferensi pers di BNPB.

Netizen justru gagal fokus melihat outfit yang dikenakan Achmad Yurianto saat memberikan keterangan pada Sabtu, 17 April 2020. Dalam kesempatan tersebut, Yuri tampak mengenakan kemeja batik berwarna biru dengan motif yang terbilang unik.

Bila dilihat secara seksama, motif batik yang dikenakan Yuri menyerupai simbol virus corona. Pada batik tersebut, terdapat pula pita berwarna merah putih.

Foto outfit Yuri pun seketika mendadak viral di media sosial. Terlebih setelah dibagikan oleh seorang akademisi asing bernama Henrik Paulsson.

Dalam keterangan foto yang dibagikannya di Twitter, Henrik sepertinya tampak terkejut melihat motif batik yang dipakai sang juru bicara.

"Pemerintah Indonesia sekarang mengenakan batik bertemakan COVID-19," tulisnya singkat.

Unggahan tersebut langsung mendapatkan berbagai respons dari berbagai netizen di seluruh dunia. Sebagian di antara mereka merasa terkejut melihat pemilihan batik yang dikenakan Yuri.

Tak sedikit pula yang berasumsi bahwa tindakan Yuri menunjukkan bahwa pemerintah mendukung UMKM dalam negeri yang ikut terkena imbas pandemi COVID-19.

"Itu kan tanda pemerintah support UMKM yg produksi batik. Di tengah krisis begini, saat ada banyak bisnis berhenti, UMKM jd salah satu penggerak ekonomi, ngasih penghasilan buat bny pekerja harian lepas. Mulai bikin masker, jahit APD, sampe batik. Liat motif pita solidaritasnya," tulis akun @dbrahmantyo.

"Keren lebih keren daripada batik bola," tulis akun @bagasargapppp.

"Kayaknya itu anti virus deh bukan sembarangan batik, mangkanya dia ga perlu pake masker lagi," tulis akun @Nglimans.

Di tengah asumsi tersebut, seorang netizen dengan akun @angga_dm mengklarifikasi bahwa batik yang dikenakan Yuri merupakan batik resmi untuk memperingati Hari AIDS Nasional, beberapa tahun lalu.

"Ini adalah HIV Batik. Batik resmi untuk Hari AIDS Nasional beberapa tahun lalu," tulisnya.

Source: Okezone