Viral Pelangi Warnai Pemakaman Laskar FPI, Ini Penjelasan BMKG

Okezone
 Okezone - Wed, 09 Dec 2020 11:59
 Viewed: 594
Viral Pelangi Warnai Pemakaman Laskar FPI, Ini Penjelasan BMKG

BOGOR - Warga Megamendung, Kabupaten Bogor dihebohkan dengan beberapa video kemunculan pelangi yang indah di media sosial. Munculnya pelangi itu dikaitkan dengan penyambutan jenazah anggota Laskar FPI yang akan dimakamkan di Pondok Pesantren Agrokultural Markaz Syariah.

(Baca juga: Habib Rizieq: Demi Allah Saya dan Keluarga Siap Mati Syahid!)

Beberapa video tersebut diketahui menyebar di media sosial whatsapp pada Selasa 8 Desember 2020. Dalam salah satu video berdurasi singkat itu memperlihatkan kemunculan pelangi yang sangat jelas menghiasi langit di kawasan Megamendung.

Terdengar pria yang merekam penampakan pelangi itu mengaitkan kemunculan pelangi pertanda baik menyambut jenazah Laskar FPI yang ditembak polisi.

"Subhanallah, inilah situasi di daerah Megamendung. Masya Allah para syuhada disambut bidadari pelangi, Masya Allah melambangkan bidadari Masya Allah, Masya Allah," ujar pria dalam rekaman video dikutip Okezone, Rabu (9/12/2020).

(Baca juga: Syekh Ali Jaber: Hancurnya Kakbah Lebih Ringan dari Membunuh Seorang Muslim!)

Kemudian, video kemunculan pelangi lainnya juga direkam oleh warga di pinggir jalan di Megamendung. "Nih langit bagus nih. Menyambut para mujahid ini, hari ini dimakamkan di Markas Syariah. Mujahidin, Mujahidin ya Allah," ucap pria dalam video lainnya.

Terpisah, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko, Asep Firman mengatakan bahwa kemunculan pelangi tersebut di kawasan Megamendung adalah fenomena yang biasa. Hal itu memang terjadi karena adanya pembiasan cahaya.

"Kejadian itu adalah hal yang biasa karena pelangi itu biasanya berasal dari pembiasan cahaya matahari melalui titik-titik air atau hujan. Dan pengamat (orang) yang membelakangi matahari itu akan melihat penampakan pelangi," kata Asep, dikonfirmasi.

Apalagi pada bulan Desember ini, kondisi cuaca di wilayah Bogor sedang tidak menentu atau cepat berubah meski pun sudah masuk musim penghujan.

Source: Okezone