Viral Video Kerumunan Penyambutan Bebasnya Habib Bahar saat Pandemi Corona

Okezone
 Okezone - Sun, 17 May 2020 10:10
 Viewed: 587

JAKARTA - Video penyambutan kebebasan Habib Bahar bin Smith dari Lembaga Pemasyarakatan Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu 16 Mei 2020 viral di media sosial. Habib Bahar disambut sekira ratusan jamaahnya.

Dari video yang diunggah @Ai_Alwii_ seperti dilihat Okezone, Habib Habib Bahar naik di sebuah mobil berwarna putih. Ia berdiri di sun roof dengan memakai topi baret berwarna merah.

Sesekali, Habib Bahar melambaikan tangan ke para jamaahnya sambil melantunkan yel-yel tentang pembela Rasullah. Video tersebut sudah 1.8K diretweet dan 6.7K likes sekira pukul 16.30 WIB.

"Umat Islam tumpah ruah sambut kebebasan Mujahid fi sabilillah ad da'i ilallah Al Habib Bahar bin Ali Smith, yg hari ini(16/05/2020) selesai masa uzlah nya dari Lapas Cibinong Bogor. "prajurit pembela Rasulullah bangkitlah untuk agama bangkitlah untuk negara....," tulis @Ai_Alwii_, Minggu (17/5/2020).

Situasi tersebut menimbulkan polemik, bukan karena kebebasan Habib Bahar. Namun, lebih ke prosesi penyambutannya. Baca Juga: Habib Bahar bin Smith Bebas

Penyambutan Habib Bahar menimbulkan kerumunan yang seharusnya diilarang untuk mencegah penularan Covid-19. Di mana, wilayah Kabupaten Bogor, juga tengah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemilik akun @wedar33305725 pun mengingatkan agar tidak mengulangi hal tersebut.

"Saya hormat dengan habib bahar, tapi para pendukungnya harus proporsional apalagi lagi pandemi kasihan para tenaga medis kita, tenaga medis juga ada yg dukung habib bahar kok. Jangan di ulangi lagi ya sampai pandemi selesai atau sampai ada solusi lain dari MUI," tulis @wedar33305725.

Bahar Smith sedianya dihukum tiga tahun penjara atas kasus penganiayaan anak di bawah umur, pada 9 Juli 2019. Namun, Bahar sudah ditahan sejak Desember 2018. Jika merujuk pada putusan pengadilan, Bahar harusnya bebas pada Desember 2021, namun dia mendapatkan asimilasi sehingga bisa mengirup udara bebas lebih cepat.

Source: Okezone