Viral Video Melawan Pelecehan Seksual, Jangan Cuma Diam!

Okezone
 Okezone - Tue, 13 Aug 2019 07:38
 Viewed: 986
Viral Video Melawan Pelecehan Seksual, Jangan Cuma Diam!

PELECEHAN seksual hingga kini masih marak terjadi. Meskipun pelecehan seksual bisa dialami oleh laki-laki, namun perempuan lebih sering menjadi korban. Salah satu tempat yang cukup sering terjadi pelecehan seksual adalah transportasi umum.

Modus pelaku untuk melakukan pelecehan seksual di transportasi umum bermacam-macam. Ada yang sengaja berdiri berhimpitan dengan korban lalu menggesek alat kelaminnya di area tertentu. Ada yang langsung mencolek bagian tubuh tertentu dan ada pula yang menghembuskan napas di dekat wajah korban.

Perilaku-perilaku seperti itu biasanya membuat korban merasa takut. Dirinya tidak bisa berbuat apa-apa selain menahan tangis. Belum lagi orang-orang sekitar alias penumpang yang kemungkinan besar melihat tindak pelecehan tersebut seakan diam saja dan tidak peduli. Hanya sedikit korban yang berani melawan dan mempermasalahkannya.

Di sisi lain, apabila melihat ada orang di sekitar yang mengalami pelecehan seksual, sudah sepantasnya kita tidak berdiam diri. Kita harus menghentikan tindakan tersebut untuk membantu korban. Baru-baru ini di Twitter viral sebuah iklan layanan masyarakat yang mengampanyekan pentingnya bersuara saat ada tindak pelecehan.

Iklan layanan masyarakat itu diunggah oleh akun @adeirawandotcom. Bersamaan dengan video iklan, dirinya menuliskan cuitan berisi imbauan saat melihat orang lain mengalami pelecehan seksual.

Source: Okezone