Viral Video Sayur Kol, Ini 4 Manfaat Makan Kol

Okezone
 Okezone - Mon, 10 Dec 2018 08:55
 Viewed: 1423
Viral Video Sayur Kol, Ini 4 Manfaat Makan Kol

KOL merupakan jenis sayuran yang sangat mudah dicari di Indonesia, sudah pasti sangat dikenal masyarakat. Ditambah, saat ini sedang viral video seorang anak kecil yang menyanyikan lagu dengan lirik sayur kol. Tentunya, video tersebut sangatlah lucu dan menarik perhatian.

Namun, walau terkesan lucu, ternyata sayur kol ini memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari kesehatan pencernaan dampak kesehatan organ vital. Manfaat dari kol ini pun dapat diperoleh dengan cara mengonsumsinya dan tidak perlu bahan tambahan lain seperti dalam lagu.

Dilansir dari Medical News Today, Senin (10/12/2018), ini manfaat sayur kol bagi kesehatan:

(Baca Juga:Kendall Jenner Berbagi 5 Tips untuk Detoks dari Medsos, Coba Yuk)

1. Meningkatkan trombosit

Sayur kol ini memiliki senyawa yang bernama DIM. Dalam sebuah penelitian, hewan yang disuntik dengan senyawa ini memiliki sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit yang lebih tinggi dari hewan lainnya. Senyawa ini juga diharapkan dapat menjadi perawat jaringan sehat saat perawatan kanker sehingga diharapkan bisa memberi waktu hidup lebih lama untuk orang yang mengonsumsinya.

2. Mencegah kanker

Di dalam kol atau kubis juga terdapat senyawa sulforaphane yang mampu mencegah sel kanker dengan cara menghambat salah satu enzim yang berpengaruh dalam perkembangan sel kanker. Karena salah satu enzimnya dihancurkan, tentunya kanker dapat sedikit dicegah.

Tidak hanya menghambat suatu enzim, jenis kol merah juga memiliki senyawa anthocyanin yang dapat memperlambat proliferasi sel kanker dan bahkan membunuh sel kanker yang sudah terlanjur tumbuh.

(Baca Juga:Viral Penjual Ikan Cantik, Bikin Pria Betah Belanja di Pasar!)

3. Sistem pencernaan

Zat yang baik untuk sistem pencernaan adalah probiotik. Zat ini dapat ditemukan di dalam kol atau kubis yang difermentasi. Kol fermentasi ini juga sudah sangat terkenal walau berasal dari korea, yaitu kimchi. Hal ini disebabkan karena enzim yang tercipta saat proses fermentasi membuat vitamin dan mineral lebih mudah untuk diserap.

Sayuran ini juga kaya akan serat sehingga dapat membuat Anda terhindar dari sembelit. Oleh karena itu, jika pencernaan Anda terjaga, maka makanan pun dapat diolah lebih cepat dan sistem pembuangan pun lancar.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Di dalam sayur yang memiliki banyak jenis ini juga terdapat polifenol yang tinggi. Polifenol ini berguna untuk menenangkan penyakit jantung dengan cara mencegah penumpukan platelet dan menenangkan tekanan darah.

Source: Okezone