Di Balik Foto Iwan Fals Hingga Ariel Noah Dukung Jokowi! Ternyata Ini Fakta yang Sebenarnya!

slidegossip
 slidegossip - Sun, 03 Feb 2019 23:41
 Dilihat: 873
Di Balik Foto Iwan Fals Hingga Ariel Noah Dukung Jokowi! Ternyata Ini Fakta yang Sebenarnya!
slidegossip.com - Baru-baru ini musisi Iwan Fals, Rian D'masiv hingga Ariel Noah ramai diperbincangkan di media sosial. Kehebohan tersebut berawal dari foto Iwan Fals saat sedang bersama musisi lainnya seperti Giring Nidji, Rian D'masiv, Momo Geisha hingga Ariel Noah yang dikaitkan dengan Pilpres 2019 yang akan digelar pada bulan April mendatang.

Iwan Fals dan musisi lainnya angkat satu jari (foto: news.okezone.com)

Seperti dilansir dari news.okezone.com (3/2/2019), foto tersebut jadi viral setelah diposting pada halaman FB 'Kerja Jokowi'. Orang yang mengunggah foto itu rupanya mencoba membangun opini bahwa Iwan Fals dan musisi papan atas lainnya itu mendukung pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Hal tersebut dikarenakan dalam foto itu semua musisi berpose dengan mengacungkan satu jari, yang kebetulan digunakan oleh tim dan relawan Jokowi-Amin saat berpose.

"Iwan Fals dan kawan kawan mengajak seluruh masyarakat yang mencintai Indonesia berSATU untuk nomor SATU.. Iwan Fals sudah dukung Jokowi.. Bagaimana dengan kamu?.. Tentu dong.... nomor 1 pasti kualitas bagus... Kalo 2 berarti barang kawe-an," demikian isi tulisan pada bagian keterangan foto tersebut.

Dari hasil penelusuran Tim Hoax Crisis Centre (HCC) Kalbar, akhirnya dijelaskan bahwa foto yang diposting akun FB Kerja Jokowi itu tidak ada kaitannya dengan dukungan atau pilihan politik terhadap salah satu pasangan Capres dan Cawapres.

"Intinya, si pengunggah berusaha membangun premis bahwa Iwan Fals dan musisi lainnya mendukung Jokowi-Amin. Padahal, foto pose menunjukkan satu jari yang digunakan itu sebenarnya foto lama," ungkap Nina Soraya, Project Manager HCC Kalbar.

Nina pun menjelaskan bahwa foto itu sebenarnya diambil pada saat konferensi pers tentang rencana pembuatan album tahun 2016 lalu. "Jadi, tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2019," tegasnya.

Menurut Nina, informasi yang dibuat oleh pengunggah adalah konten yang salah, atau fabricated content. "Dimana konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah. Si pengunggah menambahkan narasi untuk memelintir dan membangun premis yang salah," jelasnya.

Setelah ditelusuri oleh Nina dan timnya lewat mesin pencari, ternyata foto yang digunakan si pengunggah itu pernah dimuat dalam pemberitaan di tempo.co (17/4/2016) lalu dengan judul 'Bikin Album Baru, Iwan Fals Gandeng Empat Band Tanah Air' yang inti dari isi beritanya adalah pada Jumat, tanggal 15 April 2016 lalu, musikus senior Iwan Fals menggandeng grup band Noah, Nidji, d'Masiv, dan Geisha untuk album terbarunya yang berjudul 'Satu'.

Saat itu, Iwan Fals menilai bahwa rasa Bhinneka Tunggal Ika di albumnya itu bisa menjadi spirit yang kuat untuk meleburkan warna musiknya bersama dengan band-band papan atas seperti Noah, Nidji, d'Masiv dan Geisha.

Setelah menggelar konferensi pers, Iwan Fals dan musisi lainnya melakukan sesi foto di mana mereka berpose menunjukkan satu jari, yang mengartikan nama album tersebut. "Terlepas mereka mendukung siapa, itu urusan mereka. Namun, foto yang sengaja diedarkan itu sudah pasti tidak ada kaitannya dengan arus politik saat ini. Sangat jelas, foto yang diambil itu tahun 2016, jauh sebelum ada penentuan nomor urut pasangan calon," tegas Nina lagi.
Sumber: slidegossip